Header Ads

postimage

Kepala UPTD Pendidikan Gabuswetan, Hobi Koleksi Sepeda Onthel


INDRAMAYU - Ketika berkunjung ke kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Gabuswetan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat nampak belasan unit sepeda onthel berjejer di teras kantor. Sepeda onthel bikinan zaman dahulu (zadul) itu kondisinya laik jalan dan nampak terbebas dari debu yang menempel di body ataupun sadel sepeda onthel.

Bisa jadi sepeda-sepeda onthel itu setiap hari dibersihkan dan dipelihara secara rutin. Layaknya seorang ibu merawat orok yang masih dalam gendongan. Mengingat kondisinya bersih, licin dan mengkilap banyak warga yang tertarik dengan sepeda antik koleksi Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Gabuswetan, Sinar Agung.

Merk sepeda onthel itu bermacam-macam. Ada merk Rally Humber, Pontapus, Simplex, BSA, Hercules, Dumex dan merk lainnya. “Jumlah sepeda onthel ini seluruhnya ada 14 buah. Kami sengaja mengoleksi sepeda-sepeda onthel itu sebagai upaya melestarikan alat transportasi zaman dahulu,” jelas Kepala UPTD Gabuswetan, Sinar Agung ketika dijumpai Pos Kota, Rabu (10/5).

Si Empunya belasan unit sepeda onthel antik itu sengaja mengoleksi sepeda tua dengan cara membeli dari pemilik sepeda onthel langsung, sehingga harga belinya relative murah. Harga beli sepeda onthel mulai Rp 1 juta hingga Rp 4 juta per unit. Sinar Agung sengaja mengoleksi sepeda-sepeda tua itu untuk disimpan dan tidak berniat dijual kembali kepada siapapun.

Apabila ada siswa SD dari keluarga tidak mampu yang membutuhkan sepeda onthel untuk sarana transportasi menuju ke sekolah, Sinar Agung tak sungkan-sungkan menyerahkan salah satu unit sepeda onthelnya kepada murid SD yang membutuhkan.

Begitupula bagi terhadap beberapa orang pejabat di lingkungan UPTD Pendidikan Gabuswetan seperti Pengawas TK, SD dan Penilik TK, SD termasuk karyawan yang membutuhkan sepeda onthel untuk dipakai berolahrga setiap hari Jum’at maka akan dipinjamkan. 


Sumber : Taryani/Poskota



Download Tarling Cirebonan
Powered by Blogger.