Header Ads

postimage

Petani Sambut Baik Normalilasi Saluran Sindupraja Oleh BBWS


Indramayu - Perbaikan saluran sekunder Sindupraja, Kertasmaya yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS) disambut antusias petani. Mereka semringah, karena perbaikan tersebut akan menunjang aliran air ke area sawahnya.

Salah satu petani Kertasemaya, Tohar (42) mengatakan, normalisasi yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung di sepanjang aliran sekunder sangat tepat. Karena Sungai Sindupraja merupakan salah satu sumber air bagi petani.

“Dengan normalisasi dan perbaikan tanggul, alir air dari bendung rentang bisa kami gunakan secara optimal untuk pengolahan lahan pertanian kami,” ujarnya.

Tohar melanjutkan, perbaikan saluran Sindupraja bisa dibilang menyeluruh. Mulai dari Kecamatan Sukagumiwang, Kertasemaya, Jatibarang dan beberapa kecamatan lainnya. Dengan begitu, diharapkan air yang mengalir dari bendung rentang tidak terbuang sia-sia.

“Kalau kondisi saluran sudah bagus, otomatis air akan mengalir lancar. Bukan hanya dapat dimanfaatkan oleh petani, tetapi juga warga untuk kegiatan MCK,” lanjutnya.

Sementara Pelaksana Lapangan, Tri Suseno SP mengatakan, perbaikan dan normalisasi saluran Sindupraja sangat berpengaruh pada ketersediaan air bagi petani.

“Secara tidak langsung, pasokan air dapat terpenuhi secara optimal. Pengaruhnya bukan hanya sebatas lepas dari ancaman kekeringan, tetapi ini bisa meningkatkan hasil produksi padi,” jelasnya. 


Penulis : Oni
Powered by Blogger.