Header Ads

postimage

KNPI Indramayu : Inisiasi Lahirnya Generasi Muda Anti Pungli


Indramayu - Komitmen pemberantasan pungutan liar mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan, termasuk dari para pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan di Kabupaten Indramayu. Hal ini terungkap dalam deklarasi perang melawan praktik pungutan liar yang dilakukan di Graha Pemuda Indramayu yang juga merupakan Sekretariat DPD KNPI Kabupaten Indramayu. Dalam deklarasi tersebut, turut dibacakan pernyataan sikap para pemuda di bumi Wiralodra dalam upaya turut berperang melawan praktik pungutan liar dan mendukung penuh terhadap kinerja Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liat (Satgas Saber Pungli) dalam upaya penegakan hukum.

"Pada deklarasi pemuda anti pungli ini, terdapat sembilan poin penting yang kami tuangkan dalam pernyataan sikap pemuda Indramayu," tandas Sutomo, sekretaris DPD KNPI Kabupaten Indramayu, Senin (9/1/2017).

Ia memaparkan pernyataan sikap generasi muda anti pungli tersebut, antara lain berkenaan dengan sikap tegas menolak praktik-praktik pungutan liar, serta mendukung penuh kinerja Satgas Saber Pungli Indramayu dalam melakukan identifikasi area yang berpotensi menjadi arena transaksi pungli. Para pemuda juga mendukung Satgas Saber Pungli untuk melakukan langkah-langkah represif pemberantasan praktik pungli. Tak hanya langkah represif, Satgas Saber Pungli juga diharapkan menerapkan sistem pengawasan internal di berbagai instansi pemerintah maupun non-pemerintah, serta lembaga-lembaga pelayanan masyarakat lainnya.

"Kami mengapresiasi penuh tindakan positif Satgas Saber Pungli dalam menjalankan tugas pemberantasan pungutan liar. Sejak dikukuhkan pada akhir 2016, hingga saat ini sudah banyak yang berhasil disapu bersih," ungkapnya.

Selain bertindak, lanjutnya, Satgas juga diharapkan melakukan trasparansi informasi dan aksesibilitas yang mudah bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan pengaduan, serta mendorong masyarakat melakukan pengaduan terkait praktik pungli di sekitarnya. Bagi mereka yang menyampaikan aduan praktik pungli, selanjutnya agar dilakukan proteksi. Di sisi lain, Saber Pungli juga diharapkan memberikan edukasi kepada masyarakat agar pungutan liar dan praktiknya dapat dicegah. Melalui edukasi ini, masyarakat diharapkan memahami betul apa itu pungli dan bagaimana mekanisme pelaporannya. Sehingga dapat pro aktif menyapu bersih praktik pungli dari segala lini.

"Kami juga mendukung segala upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat penegak hukum atas praktik-praktik pungli. Ini demi Indramayu Remaja yang menjadi kebanggaan kita bersama," tuturnya.

Di Kabupaten Indramayu, satuan tugas pemberantasan pungutan liar (Satgas Saber Pungli) dikukuhkan oleh Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah pada akhir 2016 lalu. Satgas yang terdiri dari 69 personel itu, merupakan tim gabungan yang terdiri dari unsur kepolisian, kejaksaan, inspektorat, Polisi Pamong Praja, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan unsur lainnya. Dengan telah dikukuhkannya Satgas Saber Pungli di Kabupaten Indramayu, maka diharapkan dapat segera bekerja maksimal dalam memberantas praktik nakal pungutan liar yang merusak sendi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara itu.


Penulis : Cip
Powered by Blogger.