Header Ads

postimage

Ada Kantor LTSP TKI, Calon TKI Indramayu Tidak Perlu Pakai Calo


Indramayu - Bupati Indramayu, Anna Sophanah bersama Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid dan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta), Hery Sudarmanto meresmikan Kantor Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) TKI di Kabupaten Indramayu, Senin (10/10).

Kantor LTSP-TKI ini mengintegrasikan enam fungsi proses pelayanan TKI dalam satu kantor. Meliputi Kependudukan, Ketenagakerjaan, Kepolisian, Kesehatan, Imigrasi, dan E-KTKLN.

Nusron Wahid menegaskan, kantor layanan ini akan mengikis proses panjang pelayanan TKI dari 2-3 bulan menjadi lima hari kerja. “Jaminan layanan yang bersih dan bebas calo wajib diwujudkan di sini,” tandas Nusron.

Bupati Indramayu Anna Sophanah menyampaikan apresiasi tinggi kepada Kementerian Ketenagakerjaan, BNP2TKI, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang membantu mewujudkan pendirian kantor layanan ini.
“Dengan adanya kantor layanan ini, diharapkan calon-calon TKI asal Indramayu dapat berangkat secara prosedural, bekerja di sektor formal, dan tidak lagi menggunakan calo,” kata bupati.

Dirjen Binapenta, Hery Sudarmanto, sangat mengapresiasi langkah nyata Kabupaten Indramayu dalam mewujudkan kantor layanan terpadu ini.

“Ini sangat sejalan dengan kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan, yang saat ini bersama KPK dan BNP2TKI bergerak ke 9 provinsi dan 52 kabupaten,” tambah Hery.

Seperti diketahui, Kabupaten Indramayu merupakan daerah kantung TKI terbesar kedua secara nasional. Jumlah penempatan TKI dari tahun 2012 sampai 2015 berdasarkan data dari SISKOTKLN sebesar 101.519 orang.

Kabupaten Indramayu menjadi kabupaten pertama di wilayah Jawa yang meluncurkan program layanan TKI terintegrasi. Selanjutnya akan menyusul 15 kabupaten lagi di Jawa Barat, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat yang akan sedang membangun fasilitas serupa.

“Kami ingin melayani TKI seperti investor. TKI cukup duduk di ruang tunggu sambil melihat layar monitor tracking system dimana dokumen kependudukan hingga pencetakan papspor depat terbit,” ungkap Nusron Wahid, Kepala BNP2TKI.

Sementara Ketua Tim KPK-BNP2TKI, Dedi Noor Cahyanto, berharap pada bulan November 2016 seluruh pelayanan di kantor ini sudah bisa berjalan lancar. Dia juga berharap kepada para wartawan untuk terus mengawasi keberadaan kantor LTSP-TKI ini. 


Penulis : Oetoyo
Powered by Blogger.