Header Ads

postimage

Sambut PON XIX, Seniman Indramayu Gelar Pekan Tarling

Seniman Indramayu membahas acara Pekan Tarling

Indramayu - Menyambut pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX/2016, para seniman yang tergabung dalam Dewan Kesenian Indramayu (DKI) akan menggelar Pekan Perayaan Tarling Dermayu. Acara itu akan dihelat pada tanggal 19 September 2016 mendatang, bertepatan dengan dimulainya PON untuk tiga cabang olah raga yang tempatnya di Indramayu.

Indramayu menjadi tempat pelaksanaan tiga cabor. Masing-masing cabor layar yang bertempat di Pantai Balongan Indah (Bali), Balongan, serta cabor selam dan renang laut yang bertempat di Pantai Tirtamaya, Juntinyuat.

Pekan tarling akan berisi pertunjukan seni musik tradisional yang instrumennya didominasi oleh suara gitar dan suling. Tarling klasik lebih ditonjolkan dalam perhelatan ini, dengan menampilkan baik pemain tarling lama yang sudah berumur, maupun pemain tarling dari generasi muda.

“Kita padukan yang muda dan yang tua. Pekan tarling ini kami helat selain untuk menyambut PON, juga sebagai media untuk kembali mengangkat khasanah tarling sebagai musik tradisional khas Indramayu,” tutur Sihabudin alias Lebe, Ketua DKI, Sabtu (6/8/2016).

Pekan tarling akan dipusatkan di Panti Budaya yang merupakan gedung kesenian Indramayu. Tak hanya di dalam gedung yang dulu bernama Wisma Dharma, pertunjukan tarling juga akan digelar di pelataran gedung tersebut.

“Bahkan kita juga merencanakan ada semacam bazar serta diskusi bertemakan tarling,” tuturnya.
Lebe menjelaskan, tarling merupakan musik khas pantura Cirebon-Indramayu. Pada awalnya diciptakan oleh Ki Sugra di tahun 1930an, dan mulai dikenal luas oleh masyarakat pantura di tahun 70an.

Dari Indramayu, tarling berkembang ke Cirebon. Di tahun 70an, mulai bermunculan grup tarling di Indramayu dan Cirebon sehingga muncul sejumlah tokoh tarling. Diantaranya Abdul Adjib yang menciptakan hit lagu tarling paling terkenal berjudul “Warung Pojok”.

“Lewat pekan tarling, kita ingin menunjukan bahwa musik tradisional yang dahulu bernama Melodi Kota Ayu untuk Indramayu atau Melodi Kota Udang untuk Cirebon, itu berasal dari Indramayu,” tutur Lebe.


Penulis : Aen
Powered by Blogger.