Header Ads

postimage

Vindy Alvionita : Marilah Merubah Image Indramayu

Indramayu adalah kabupaten dengan pantura terpanjang dan pantura Indramayu selalu dilewati oleh para pengguna jalan raya. Karena pantura terpanjang dan selalu dilewati inilah maka semua orang yang melewati mengetahui sedikitnya aktivitas yang terjadi di Indramayu. Seperti yang kita ketahui, di sepanjang jalan raya banyak sekali tempat-tempat yang berbentuk seperti warung penjual makanan dan minuman tetapi sesungguhnya didalamnya sudah didesain sedemikian rupa menjadi tempat karaoke, tempat santai bagi orang yang berkunjung, dan lain sebagainya. Ditambah dengan penjaga dan pelayan-pelayan perempuan yang memakai pakaian yang sangat minim. Bayangkan saja, tempat-tempat seperti ini berjejer banyak di sepanjang jalan dan tentu saja semua orang yang melewati pantura Indramayu melihat kejadian ini.

Melalui aktivitas itulah image Indramayu tercipta, sehingga masyarakat luar Indramayu selalu diperlihatkan sisi negatif dari Indramayu. Apalagi didukung dengan banyaknya remaja-remaja yang menikah di usia yang sangat dini atau bahkan menikah karena adanya kecelakaan terlebih dahulu, dan banyak pula perceraian yang terjadi pada remaja-remaja tersebut. Itulah yang memperkuat persepsi dan memberikan dampak pada semua orang penduduk Indramayu, seakan-akan seluruh penduduk Indramayu melakukan hal yang sama seperti yang sudah diuraikan di atas.

Disini saya akan memaparkan apa saja sisi positif yang dimiliki oleh Indramayu. Pertama, Indramayu adalah kabupaten yang memiliki kekayaan alam yang banyak. Kekayaan alam ini dapat dibuktikan dari adanya kilang minyak di Balongan. Sebagian minyak yang kita pakai adalah minyak yang berasal dari Indramayu. Selain minyak, lokasi Indramayu yang dekat dengan pantai merupakan nilai tambah bagi Indramayu, dekat dengan pantai menjadikan Indramayu selalu memiliki hasil perikanan yang banyak dan segar.

Kedua, Indramayu memiliki tanah yang sangat subur, sehingga jika ditanami pepohonan apa saja maka pohon itu pasti akan bertumbuh dan berbuah, terlebih lagi pohon mangga. Seperti yang kita ketahui, mangga adalah buah khas dari Indramayu yang memiliki rasa yang sangat enak dan lezat. Rasa manga di Indramayu tidak dapat dibandingkan dengan manga-mangga hasil dari daerah lain. Sesungguhnya, di Indramayu banyak sekali musiman buah seperti rambutan, durian, duku, srikaya, dan lain-lain, tidak hanya mangga saja.

Ketiga, Indramayu memiliki sebuah pulau yang sangat indah dan masih asri. Pulau ini dinamakan Pulau Biawak. Terbukti bahwa Indramayu memiliki kekayaan alam dalam bidang pariwisata. Apabila Pulau Biawak ini dapat dieksplor dan semakin ditingkatkan kualitasnya maka Pulau Biawak ini dapat kita jadikan sebagai icon dari Indramayu selain buah mangga. Asalkan, pemerintah dapat memperbaiki aksesibilitas menuju Pulau Biawak dan menciptakan fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan para wisatawan yang datang, maka Pulau Biawak ini tidak kalah jika dibandingkan dengan Pulau Komodo atau pulau-pulau lain. Selain itu, Pulau Biawak juga sangat memerikan manfaat baik bagi masyarakat Indramayu itu sendiri, bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatan daerah, maupun bagi pemerintah Indonesia dalam meningkatkan pendapatan nasional.

Keempat, Indramayu memiliki beragam kesenian dan tradisi yang masih sangat kental dengan unsur magisnya. Terdapat tokoh penari dari Indramayu yang sangat luar biasa dan sudah memiliki jam terbang yang tinggi hingga ke seluruh dunia untuk memperkenalkan tarian Indramayu ini, tarian ini disebut sebagai Tari Topeng dan tokoh penari yang terkenal itu sering disebut dengan Mimi Rasinah. Namun beliau sudah meninggal dunia, dan akhirnya kepiawaian menarinya di wariskan kepada anaknya.

Kelima, banyak sekali orang-orang Indramayu yang berhasil dan sukses. Tetapi kerapkali orang-orang yang sukses tersebut saat ini sedang merantai ke berbagai kota atau wilayah, seperti Jakarta, Bandung, bahkan di luar negeri sekalipun. Sudah banyak pemuda Indramayu yang mengambil pendidikan di luar negeri dan memiliki karir yang cemerlang. Mungkin banyak dari kita yang tahu, ada salah seorang supir taksi yang pernah terkenal karena beliau selalu berbicara dalam bahasa Inggris dalam melakukan pekerjaannya. Ada juga sekolah-sekolah di Indramayu yang sangat cemerlang prestasinya, terlebih lagi saat ini sudah terdapat Politeknik Negeri Indramayu dan Universitas Wiralodra. Melalui kedua perguruan tinggi ini, akan banyak pemuda Indramayu yang memiliki kualitas yang tinggi. Banyak juga pemuda-pemuda Indramayu yang merantau ke berbagai kota atau wilayah untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Itu artinya Indramayu memiliki generas-generasi penerus yang berkualitas.

Memang sangat sulit untuk merubah image Indramayu yang sudah melekat dalam pemikiran masyarakat luar Indramayu, tetapi kita sebagai pemuda-pemudi Indramayu patut bangga dengan Indramayu yang sangat kaya ini, baik kaya akan alam, kesenian, tradisi, dan lain-lain. Sebenarnya pemuda-pemudi Indramayu lah yang dapat mengubah image Indramayu ini melalui perbuatan-perbuatan yang kita lakukan, prestasi-prestasi yang kita dapatkan, dan usaha-usaha yang kita perjuangkan untuk menepis pemikiran masyarakat luar Indramayu yang beranggapan bahwa Indramayu hanyalah kabupaten yang dipenuhi dengan orang-orang seperti yang telah saya sebutkan di awal. Untuk itu, marilah sama-sama berjuang untuk merubah image Indramayu. Jangan malu untuk mengakui bahwa kita adalah orang Indramayu dan Indramayu memiliki pemuda-pemudi yang berkualitas.



Penulis: Vindy Alvionita
Sumber: -

No comments

Powered by Blogger.