Header Ads

postimage

Wow, Rp4 Miliar Siap Dukucurkan Untuk Rehabilitasi Tanggul Cimanuk

Romongan Komisi V DPR-RI ke Indramayu
Indramayu - Dana sebanyak Rp4 miliar siap dikucurkan untuk merahabilitasi tembok tanggul Sungai Cimanuk di Indramayu. Demikian dikatakan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Yudi Widiyana, saat 10 Anggota DPR melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke tanggul jebol di Blok Cilengkong, Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Senin (23/3). 
“Kita tinjau langsung kondisi tanggulnya dan setelah melihatnya memang harus secepatnya dibangun karena memang sudah parah. Dan sesuai data yang kami peroleh, memang sebanyak Rp4 miliar cukup," katanya.

Menurutnya, Kabupaten Indramayu bisa saja mendapatkan dana rehabilitasi pascabanjir sebesar Rp500 miliar. Dengan syarat, Bupati mengajukan bahwa Indramayu dalam keadaan darurat bencana. “Kalau ada pengajuan itu, tentunya Indramayu dapat dana Rp500 miliar," ungkapnya.

Anggota Komisi V lainnya, Yoseph Umar Hadi mengakui hingga saat ini dia belum pernah merasa menerima ajuan dari Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS-CC) maupun masyarakat Jatibarang untuk pembangunan tanggul Blok Cilengkong itu.

"Kalau ada yang mengajukan saja, tentu akan segera diprioritaskan seperti yang berada di Desa Jatibarang itu, belakang Toko Alba di mana tahun ini siap dibangun kembali,” tandasnya.

Sementara itu, Dirjen PSDA Kementrian PU RI, Mudjiadi mengatakan, terkait tanggul Sungai Cimanuk di Blok Cilengkong yang kemarin jebol akan diupayakan pihaknya bisa diperbaiki secepatnya. "Kalau dana yang digelontorkan cukup, tentu tahun ini juga bisa. Namun kalau tidak, setidaknya tahun depan selesai," terangnya.

Adapun untuk tanggul lainnya seperti di Jatibarang Lama, belakang Toko Alba, memang tahun ini sudah dianggarkan. Sedangkan tanggul lainnya di Jatibarang yang juga kritis baru, menurutnya cukup hanya dipasang bronjong.

Kepala BBWS-CC, Widi mengatakan, pihaknya sudah mencatat sebanyak 334 titik tanggul kritis yang ada wilayah kerjanya. Titik-titik itu akan menjadi prioritas untuk segera dibangun, termasuk tanggul Sungai Cimanuk di Desa Pilangsari yang jebol.

"Di tahun 2015, dana untuk sungai hanya Rp100 miliar. Itu pun bukan hanya untuk Cimanuk melainkan juga Cisanggarung. Padahal, diperlukan dana sebesar Rp2 triliun," keluhnya.


Penulis: AGS
Sumber: FajarNews

No comments

Powered by Blogger.