Header Ads

postimage

Tanggul Jebol Dibronjong, Warga Takut Kualitasnya Buruk

Perbaikan tanggul cimanuk pilangsari
Indramayu - Tanggul Sungai Cimanuk di Blok Cilengkong, Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu yang tempo hari jebol kini mulai dibangun bronjong.

Meski demikian, warga cemas proses pekerjaan yang bernilai Rp2,75 miliar itu asal-asalan.

Salah seorang warga setempat, yang enggan disebutkan namanya menyebutkan, pemasangan bronjong pasangan batu kali yang tertanam di samping konstruksi bangunan yang ambruk itu diduga dilaksanakan tidak mengacu pada perencanaan yang matang.

Pasalnya, gambar konstruksi pekerjaan serba mendadak.

Dia mengkhawatirkan, kualitas pekerjaan yang sedang dilaksanaan saat ini juga akan menghasilkan pekerjaan yang tidak diharapkan oleh masyarakat.

“Pemasangan bronjong itu yang di bawah terdapat delapan sap balok batu, tetapi ke atasnya hanya tujuh sap balok batu, ada kehawatiran pengurangan satu sap balok bronjong ini akan merugikan kami juga nanti,” ungkapnya, awal pekan kemarin.

Sementara itu, Pelaksana BBWS-CC, Beny membantah jika pekerjaan yang terbilang maraton itu dilaksanakan secara asal-asalan.

Menurutnya, berdasarkan arahan dari pihak BBWS-CC, pihaknya ekstra hati-hati dalam mengerjakan rehabilitasi tanggul itu.

“Kami ingin melaksanakan rehab ini dengan kualitas yang betul-betul bagus, jadi salah kalau kami mengurangi volume. Silakan dicek saja langsung, kami juga tidak bisa berkutik diawasi terus,” tuturnya di lokasi.

Ia menambahkan, pada gambar semula bronjong itu semula ditutup dengan karung yang sudah disediakan oleh BBWS-CC bermerk PU, tetapi kemudian diganti dengan plastik biotek yang barangnya sedang dipesan dari Jakarta.

“Sap pemasangan bronjong  ini berjumlah sembilan, kemudian di atasnya berlapis. Termasuk ini juga ada perubahan gambar yang dikeluarkan kemarin malam, mengingat pemasangan bronjong sepanjang empat meter dipaksakan akan menghambat jalan umum,” imbuhnya.

Beny mengaku, tidak mengetahui besaran tender pekerjaan yang dilaksanakan saat ini. Kendati demikian, ada kekhawatiran pagu yang dianggarkan oleh BBWS-CC tidak sesuai dengan harapan pelaksana.



Penulis: IEM
Sumber: Fajarnews.com

No comments

Powered by Blogger.