Header Ads

postimage

PKL Samping Pendopo Pemkab Indramayu Direlokasi

Indramayu (PRLM) - Bantaran sungai Cimanuk di samping Pendopo Pemkab Indramayu kosong dari kehadiran pedagang kaki lima. Lapak mereka kini dipindahkan ke tempat penampungan sementara, tidak jauh dari tempat mereka semula berdagang.

Rasidi (49), salah seorang pedagang, menuturkan, aparat Pemda Indramayu menyuruh agar mereka tidak lagi berjualan di bantaran sungai Cimanuk samping pendopo, karena bantaran sungai itu akan dirubah menjadi taman. Saat ini, menurutnya, pedagang menempati lokasi sementara. Lokasinya masih di bantaran Sungai Cimanuk, namun di depan asrama Kodim 0616 Indramayu.

Dia menuturkan, beberapa hari sebelumnya memang telah ada aparat pemerintahan, mulai dari Satpol PP, dan Dinas Cipta Karya, yang memberitahukan para pedagang untuk pindah. “Baru pada Selasa (19/8/2014) sore, pedagang mulai pindah ke tempat sementara. Waktu kepindahan itu ada personel Polisi, Satpol PP, dan Dinas Cipta Karya,” katanya, Rabu (20/8/2014).

Dia mengatakan, saat ini sedang disiapkan lahan khusus PKL yang terletak di bantaran Cimanuk, di depan Kantor Pos Indramayu. Namun, para pedagang masih belum bisa menempatinya. Menurut dia, sebelum lokasi khusus itu selesai dibangun, para pedagang menempati lokasi sementara di area bantaran Sungai Cimanuk depan Asrama Kodim 0616 Indramayu.

Pedagang lainnya yang dipindahkan, Rotun (36) mengatakan, pedagang yang dipindahkan dari bantaran Cimanuk samping pendopo jumlahnya ada 10 pedagang. Rata-rata pedagang tersebut menjual makanan dan minuman.
Dia mengatakan, di lokasi sementara ini pembelinya tidak sebanyak seperti tempat sebelumnya. Lokasi yang gersang, serta jarang dilalui oleh banyak orang dianggapnya menjadi penyebab pembeli yang datang sedikit.

Dia menuturkan, di lokasi sementara ini, merupakan tempat berdagang para PKL yang dipindahkan dari alun-alun beberapa waktu lalu. Namun PKL di tempat tersebut berjualan hanya pada malam hari. Menurutnya, pada malam hari lokasi tersebut cukup ramai, namun tidak begitu ramai pada siang hari.

“Mungkin karena tempat sementara ini masih belum diresmikan. Jadi banyak orang yang belum tahu. Tapi, saya sih berharap kalau memang semua PKL dipindahkan ke sini, bisa menarik banyak pengunjung,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, pemda perlu membuat lokasi di tempat PKL berjualan nantinya, rindang. Menurutnya, lokasi saat ini tergolong tandus, dan panas. Hal tersebut berkontribusi kepada rendahnya ketertarikan pengunjung untuk menepi. “Harapannya sih pohon bisa diperbanyak, dan tempat khusus PKL dibuat senyaman mungkin bagi pengunjung,” tuturnya.

Sekda Indramayu, Ahmad Bachtiar mengatakan, saat ini Pemda Indramayu sedang menata bantaran Sungai Cimanuk, khususnya bantaran sungai dari wilayah Paoman sampai Bendungan Bojongsari. Dia mengatakan, penataan akan dimulai terlebih dahulu dari kawasan Paoman hingga samping Pendopo.

Khusus wilayah samping pendopo, taman akan dibuat, sehingga PKL yang sebelumnya ada di sana harus pindah ke tempat sementara, sebelum tempat khusus PKL selesai dibangun.

Dia menuturkan, peresmian lokasi khusus PKL serta penataan bantaran Sungai Cimanuk akan dilakukan pada 7 Oktober 2014. Ahmad menambahkan, selain menata PKL, penataan bantaran Sungai Cimanuk dilakukan juga untuk penampungan air baku bagi warga yang tinggal di wilayah Indramayu kota.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UKM Indramayu, Maman Kostaman mengatakan, lokasi PKL khusus itu rencananya akan dikonsentrasikan di kawasan Paoman sampai Kantor Pos Indramayu. 

Dia menuturkan, pihaknya akan membangun 100 shelter lebih untuk PKL. Lapak berjualan para PKL juga akan dibuatkan seragam agar rapi. (foto : ilustrasi)

No comments

Powered by Blogger.