Header Ads

postimage

Peternak Unggas Indramayu Kewalahan Penuhi Permintaan Pasar

Indramayu (RRI) - Perrmintaan daging ayam memasuki bulan Ramadhan cukup tinggi. Peternak unggas di Kabupaten Indramayu mulai kewalahan tidak dapat memenuhi permintaan kebutuhan lebaran,  mendatang.

Tingginya permintaan pasar untuk komoditas unggas,membuat peternak unggas local hanya mampu memenuhi 80 persen kebutuhan,saat Ramadhan dan Lebaran. Ketua Forum Pengusaha Ternak Unggas Kabupaten Indranmayu, Warmin Permana, mengatakan, kebutuhan unggas local diprediksi mencapai 3.000-4.000 ekor saat Ramadhan dan lebaran.

Di Indramayu, Kamis (3/7/2014),
Pasokan unggas dari Peternak lokal hanya berkisar 2.500 ekor unggas perbulan. Tingginya permintaan pasar membuat Peternak yang mendapatkan DO (Delivery Order) dari sejumlah pedagang besar  pada sejumlah pasar tradsisional dan diprediksi akan melakukan impor unggas di Jawa Tengah,  seperti Brebes dan Tegal.

"Peternak lokal saat ini sudah mengimpor unggas dari daerah lain untuk memenuhi kebutuhan,  saat Ramadhan," katanya.

Warmin menjelaskan, saat Ramadhan, kenaikan permintaan unggas sulit dihindari. Kenaikan permintaan diprediksi antara 20-25 persen. Populasi ungggas di Kabupaten Indramayu tersebar pada sejumlah lokasi. Di indramayu bagian Timur terdapat di wilayah kecamatan Kedcokanbunder, Karangampel dan Krangkeng. Wilayah Indramayu bagian Barat terdapat di Kecamatan Kandanghaur, Kroya dan Haurgeulis.

Meski peternak lokal kesulitan untuk memenuhi permintaan loka. Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu tetap memastikan tidak akan terjadi kelangkaan pasokan unggas.

No comments

Powered by Blogger.