Header Ads

postimage

Masa Paceklik Melaut, Harga Ikan Melambung Tinggi





Indramayu (bjb) - Masa paceklik yang dialami nelayan membuat harga ikan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat naik tajam.


Robani, nelayan di Karangsong, Kabupaten Indramayu mengatakan masa paceklik rutin terjadi setiap tahunnya pada Mei-Juni, dan pada masa itulah tangkapan ikan nelayan berkurang hingga 20% dibandingkan dengan waktu normal.

Dia menuturkan packelik yang dialami nelayan berdampak pada harga ikan di pasar hingga 30% karena pasokan ke pedagang berkurang.

“Pada saat normal nelayan bisa membawa hasil 50 ton ikan, akan tetapi saat paceklik nelayan hanya bisa menangkap ikan 40 ton,” katanya, Selasa (24/6/2014).

Robani mengungkapkan peningkatan tangkapan ikan nelayan akan kembali normal pada September, adapun saat ini hingga Juli 2014 nanti akan terus paceklik.

Sementara itu, Ketua Koperasi Perikanan Laut (KPL) Mina Sumitra Ono Surono menyatakan tangkapan nelayan memang mengalami penurunan, dan kondisi ini hampir terjadi di semua wilayah (paceklik).

“Bagi kapal besar yang memiliki izin melaut di Perairan China yang memungkinkan memproduksi ikan lebih banyak,” ujarnya.

Ono menambahkan harga ikan tongkol yang biasanya Rp15.000/kg saat ini sudah di kisaran Rp18.000/kg atau naik sekitar 20-30% dari harga biasanya.

No comments

Powered by Blogger.