Header Ads

postimage

Sri Yanti Bocah Tegar Dari Sukamelang Indramayu

Indramayu - Nama anak ini adalah Sri Yanti, duduk di kelas 7 di SMP Negeri 1 Gabuswetan Kabupaten Indramayu. Siswi ini berbeda dengan siswa dan siswi pada umumnya. Setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah, dia harus menyiapkan makan dan minum untuk ibunya yang lumpuh karena karena terkena penyakit stroke selama 4 tahun.

Sri Yanti juga yang harus menyuapi makan dan minum ibunya sebelum berangkat ke sekolah, karena tangan ibunya sudah tidak bisa menggerakan tangannya hingga ke mulut. Begitu juga sepulang dari sekolah Sri Yanti harus mencuci pakaian dan kain yang digunakan oleh ibunya yang kotor oleh air kencing dan kotoran buang air besarnya, serta harus siap-siap lagi untuk memasak untuk ibunya dan dia sendiri.

Sri Yanti ditinggal oleh bapaknya sejak dia berusia 2 tahun. Bapaknya pergi ke pulau Sumatera dan tidak pernah kembali lagi menjenguk kedua anaknya. Kabarnya dia sudah menikah lagi dan mempunyai anak. Kakaknya sudah menikah dan mempunyai anak satu tapi keadaannya sangat memprihatinkan karena hanya sebagai buruh serabutan.

Sebelum berangkat ke sekolah Sri Yanti mendapakan uang saku dari kakaknya, terkadang dari neneknya harus menjual beras terlebih dahulu, bahkan pemberian dari tetangganya. Di tengah keprihatinannya dia masih bersekolah dan mendapat bantuan dari teman-temannya, alumni dan guru-guru yang simpati dengan keadaannya.

(Ibu Sri Yanti)

Saya sendiri salut dengan ketegaran anak ini. Di tengah kekurangannya dia masih ada semangat untuk terus belajar dan belajar agar bisa merubah kehidupannya yang serba kekurangan menjadi berkecukupan. Mudah-mudahan ada jalan untuk meringankan penderitaan anak ini.

Inilah salah satu potret siswi yang tegar menghadapi hidup. Kita bisa belajar dari dia tentang memaknai hidup. Kita harus selalu bersyukur dengan segala yang kita miliki. Bagaimana nasib kita jika seperti dia atau seperti ibunya yang sudah tak berdaya. Mudah-mudahan Allah memberikan kesembuhan bagi ibunya dan diberikan jalan bagi Sri Yanti bocah tegar dari Sukamelang Gadel Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu. (Didno)

No comments

Powered by Blogger.