Header Ads

postimage

2014, Pemkab Indramayu Luncurkan KASEP (Kartu Sehat dan Pintar)

Indramayu - Pemerintah Kabupaten Indramayu menjanjikan pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis bagi warga tidak mampu melalui Kartu Sehat dan Pintar (Kasep) pada 2014 mendatang. Hal itu dikatakan Bupati Indramayu, Anna Sophanah pada peringatan Hari Jadi ke-486 Kabupaten Indramayu, Senin (7/10/2013).

“Kartu Kasep ini nantinya akan mengakomodasi segala kebutuhan pendidikan dan kesehatan bagi warga tidak mampu yang tidak tercakup dalam bantuan pemerintah seperti BOS dan Jamkesmas,” ujarnya seusai Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten Indramayu di Gedung DPRD Indramayu, Senin.

Anna menuturkan, Pemkab Indramayu akan menggelontorkan dana sebesar Rp 36 miliar untuk penyelenggaraan kartu Kasep. Kartu tersebut akan diberikan pada warga tidak mampu yang kini tengah didata oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kab. Indramayu.

Sementara Dinas Pendidikan Kab. Indramayu mencatat, sekitar 57.800 siswa atau 20 persen dari jumlah siswa SD hingga SMA di Indramayu diajukan untuk mendapatkan Bantuan Siswa Miskin (BSM). Meski demikian, tidak semuanya bisa dipastikan mendapatkan beasiswa tersebut.

Pemegang kartu Kasep, kata Anna, nantinya akan mendapatkan sejumlah fasilitas di bidang pendidikan, di antaranya perlengkapan sekolah seperti buku, seragam, tas, dan sepatu hingga pembebasan biaya transportasi menuju sekolah. Di bidang kesehatan, pemegang kartu tersebut berhak mendapatkan pelayanan di puskesmas dan rumah sakit secara cuma-cuma. (PRLM)

No comments

Powered by Blogger.