Header Ads

postimage

Indramayu Masih Dominasi Perikanan Jabar


Indramayu - Indramayu merupakan wilayah paling produktif dalam peta produksi perikanan laut Jawa Barat, dengan target volume produksi 98.758,25 ton atau setara dengan Rp1,25 miliar berdasarkan angka sementara 2013 Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Prov Jabar.

Kepala Bidang Pengelola Data Statistik Perikanan Tangkap Diskanlut Prov Jabar Arif Sakti mengatakan setiap tahun pantura selalu mendomminasi produksi hasil tangkap ikan, karena banyak nelayan yang berani mencari ikan sampai Arapura, Natuna, dan Selat Kalimata.

“Setelah mereka mendapatkan hasil tangkapannya, mereka kembali lagi ke Pantura dan menjual hasil tangkapanya di Indramayu,” katanya, Selasa (2/4/2013).

Selain itu, dengan jumlah nelayan sekitar 34.349 orang dan armada perahu sebanyak 6559 unit dari berbagai kategori jenis perahu, Indramayu unggul jika dibandingkan dengan wilayah Jabar lainya.

Menurutnya kemungkinan lain dari meningkatnya produksi ikan di Indramayu adalah masuknya nelayan dari luar Jabar kemudian menjual hasil tangkapanya di Indramayu.

“Nelayan dari Brebes atau perairan Jawa Tengah  yang datang masuk  dengan kapal andon [kapal yang masuk ke pantura  untuk mencari ikan kemudian menjualnya disana],”katanya. (Sumber)

No comments

Powered by Blogger.