Peternak Bebek di Indramayu Khawatir Flu Burung


Indramayu - Sejumlah peternak bebek tradisional di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, merasa khawatir flu burung yang terjadi di Pemalang menyebar ke Indramayu. Bandori salah seorang peternak bebek tradisional di Kabupaten Indramayu, Jum'at, mengatakan, serangan flu burung di daerah Pantura Kabupaten Pemalang dikhawatirkan menyebar hingga Indramayu.

Sebagian peternak terus melakukan antisipasi flu burung, kata dia, karena penyakit mematikan tersebut sulit dideteksi, selain itu cukup membahayakan manusia. Ia menambahkan, isu flu burung memang mulai meresahkan kalangan peternak unggas di daerah Pantura Kabupaten Cirebon, Indramayu, Subang, Cikampek, Karawang.

Sementara itu Slamet peternak unggas di Cirebon mengaku, isu flu burung cukup mengkhawatirkan peternak di Pantura, tetapi hingga kini untuk wilayah Cirebon masih aman.

"Peternak butuh memahami dan pengerti penyebaran penyakit flu burung, untuk mencegah ternak peliharaan mereka karena perawatan baik dan memperhatikan kandang bersih kunci utama bagi mereka,"katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon Ali Effendi kepada wartawan menuturkan, hingga kini belum ada laporan dari peternak terkait flu burung.

"Dinas Peternakan Cirebon terus memantau dan mengimbau kepada peternak unggas supaya selalu waspada, memperhatikan kesehatan juga kebersihan kandang,"katanya. (Ant)
Powered by Blogger.