Header Ads

postimage

Eksotisme Pulau Biawak Memikat Hati Wisatawan

Indramayu - Pulau ini dikenal sebagai salah satu objek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri.

Pulau biawak yang dihuni oleh ratusan satwa biawak memang tak sepopuler saudaranya, Pulau Komodo yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Namun, keindahan pulau dan laut sekelilingnya tak kalah dengan objek wisata pulau lainnya di Indonesia. Bahkan, sebagian wisatawan menjuluki pulau sebagai surga baru untuk kalangan penyelam.

Pulau biawak yang memiliki luasan 120 hektar, terletak sekitar 40 km sebelah utara kabupaten Indrmayu, Jawa Barat.

Untuk mencapai pulau ini, wisatawan harus melakukan perjalanan dengan menyeberangi laut Jawa dari pelabuhan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, dengan menempuh waktu 3 sampai 4 jam.

Kalangan wisatawan biasanya melakukan perjalanan di waktu dini hari untuk mengejar kecantikan dan pesona pulau tersebut di waktu pagi hari karena belum banyak disentuh pendatang dari luar.

Kekayaan alam seperti pasir putih  tanaman bakau yang rimbun dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu, tidak sedikit diantaranya yang memanfaatkan muara pantai pulau biawak untuk aktifitas menyelam dan snorkeling.

Seperti namanya, pulau ini dihuni oleh ratusan satwa biawak. Biawak yang hidup dipulau ini memiliki panjang 1,5 hingga 2 meter. Satwa ini tergolong unik karena hidup di habitat air asin.

Reptil biawak yang hidup dipulau ini terlihat akrab dengan pengunjung bahkan wisatawan yang memiliki nyali lebih bisa langsung menyentuh biawak ini.

Meski sedikit jinak namun jangan coba–coba untuk membunuh atau membawa pulang biawak karena ada mitos yang dipercaya dipulau ini cukup kuat.

Semua wisatawan yang datang, diwajibkan untuk merawat dan melestarikan aneka ragam hayati yang ada di pulau ini.

Anda tertarik untuk berlibur ke pulau yang eksotis ini?.

No comments

Powered by Blogger.