Header Ads

postimage

Suhu Panas Ancam Indramayu, Penduduk Diharap Berhemat Air



Indramayu - Memasuki musim kemarau yang dalam hitungan pecan akan segera tiba, masyarakat Indramayu dan sekitarnya diimbau untuk mewaspadai suhu udara yang tinggi. Terlebih, musim kemarau tahun ini diprediksi akan berlangsung panjang.

Kepala Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Cirebon Stasiun Jatiwangi Kabupaten Majalengka Efendi dalam siaran persnya mengungkapkan, saat ini posisi matahari sudah mulai bergeser dari khatulistiwa ke arah utara. Itu berarti, sedang terjadi pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau.

“Secara umum, pada April ini berbagai daerah di Wilayah III Cirebon sudah masuk musim kemarau,” ujar Efendi, Selasa (3/4) kemarin.

Efendi pun mengingatkan, masyarakat untuk waspada karena suhu udara pada musim kemarau bisa mencapai lebih ddari 37 derajat celcius. Apalagi bagi daerah yang terletak di pinggir pantai seperti Indramayu, suhunya cukup tinggi.

Musim kemarau pada tahun ini diprediksi akan berlangsung hingga akhir Oktober 2012. Itu berarti, musim kemarau tahun ini lebih panjang dibandingkan musim hujannya. ”Suhu udara yang tinggi akan lebih dirasakan pada saat puncak musim kemarau yakni pada bulan Juni,” tegas Efendi.

Karena itu, masyarakat sebaiknya berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan. Pasalnya, sengatan matahari yang terik akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Tak hanya itu, masyarakat diharapkan lebih hemat dalam menggunakan air bersih. Dengan demikian, krisis air bersih selama berlangsungnya kemarau dapat dihindari.

Untuk Kabupaten Indramayu barat bagian utara dan Indramayu timur bagian utara permulaan musim kemarau diprediksi akan berlangsung mulai dasarian (sepuluh hari pertama) April.

Untuk Indramayu Timur bagian selatan, permulaan musim kemarau akan datang pada April dasarian tiga hingga Mei dasarian dua. Indramayu barat bagian selatan, awal musim kemarau terjadi pada Mei dasarian pertama sampai Mei dasarian tiga.

Sementara itu, permulaan datangnya musim kemarau ini memang sudah dirasakan masyarakat di berbagai daerah di Kabupaten Indramayu. Mereka merasakan suhu udara yang panas di siang hari. Namun pada malam dan pagihari terjadi hujan tiba-tiba. (Deni)

No comments

Powered by Blogger.