Header Ads

postimage

Sambut Minapolitan 2015, Pembangunan Dermaga Karangsong Dilanjut


Indramayu - Menyongsong Minapolitan/ Kota Perikanan 2015 yang dipusatkan di kompleks TPI Karangsong Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) pada tahun anggaran 2011 ini, melanjutkan pembangun dermaga dan pekerjaan lainnya. Demikian dikatakan PPTK pekerjaan lanjutan pembangunan dermaga, Saefuddin, ketika ditemui di kantornya, Rabu (23/11).

Kelanjutan pembangunan dermaga tersebut kata Saefuddin, sumber dananya berasal dari bantuan Propinsi (Ban-prop) Jawa Barat sebesar Rp9 miliar. Untuk tahun 2011 ini, pekerjaannya meliputi pemancangan sheet pile (penyangga dermaga) sepanjang 250 meter dari total panjang yang diperlukan sekira 700 m. Ditambah pembangunan lima unit rumah jaring, lima unit loading es, saluran, temporary rood dan dok-ing. Sementara untuk penyempurnaan dermaga akan dikerjakan secara bertahap. "Kita berharap tahun 2015, Kabupaten Indramayu benar-benar menjadi minapolitan, kata Kasi Pengelolan Kekayaan Laui pada Bidang Kelautan ini.

Ditambahkan, pembangunan dermaga dilanjut, seiring meng geliatnya usaha penangkapan ikan yang dibuktikan dengar bertambahnya kapal baru berbagai jenis, dimana dalam setiap tahunnya 10 sampai 12 kapal baru ikut melaut. "Dermag yang ada, saya nilai sudah tidal ideal lagi untuk menyandarkan ratusan kapal dan akan melelangkan hasil tangkapannya di tempat pelelangan ikan TPI Karangsong," terang Saefuddin.

Tokoh masyarakat Desa Karangsong Tarikan, menyambut gembira dan merasa bersyukur karena aspirasi warga nelayan terkait pembangunan kelanjutan dermaga sudah didengar oleh pihak terkait Menurutnya dengan dipancangnya sheet pile (penyangga dermaga) dengan kedalaman 14 meter, ke depan tidak akan ada lagi pendangkalan di sungai Prajagumiwang dar tanggul tidak akan lagi tergerus ombak karena sudah tertahan oleh sheet pile.

No comments

Powered by Blogger.