Header Ads

postimage

Tokoh Indramayu Segera Diabadikan



Indramayu - Dalam waktu dekat sejumlah ruang perkantoran di jajaran Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indramayu akan berubah dengan nama-nama tokoh dan pejuang Indramayu. Untuk sementara pemberian nama tokoh hanya bagi enam ruang bangunan pendopo utama, pendopo dalam, ruang data I, ruang data II, ruang sekretaris pribadi (sekpri), dan ruang ajudan.

Ruang bangunan Pendopo Utama diberi nama Raden Aria Wiralodra. Pendopo Dalam Nyi Mas Endang Dharma, Ruang Data I Ki Tinggil, Ruang Data II Ki Sidum, Ruang Sekpri Ki Tana, dan Ruang Ajudan Ki Tani. Untuk selanjutnya tiang pendopo dan sejumlah bangunan perkantoran lainnya nantinya akan diberi nama-nama tokoh seperti Pangeran Dharmakusumah, Surajaya Indra Wijaya, Benggala, Benggali, Semangun, R. Djalari, R. Wiraatmaja, R.I. Syafiuddin, dll.

Menampilkan nama tokoh dan pejuang Indramayu untuk dijadikan nama bangunan dan ruangan di lingkungan Setda Kabupaten Indramayu menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Indramayu, H. Warjo, SH.MH., sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 78-27 tentang perlindungan warisan budaya, Perda Provinsi Jawa Barat Nomor 23 tahun 2007 tentang kepurbakalaan tradisional dan museum.

Untuk menentukan nama-nama tokoh dan pejuang yang pantas ditampilkan pada bangunan dan ruangan Setda Indramayu telah dikumpulkan para pamong budaya dan puluhan tokoh sejarah dan budayawan dan juga tokoh masyarakat. Pada musyawarah yang dipimpin H. Warjo itu, menghasilkan enam tokoh yang untuk sementara dijadikan nama pada bangunan utama di Pendopo Kabupaten Indramayu.

Para peserta rapat juga mengusulkan agar nama-nama jalan di komplek perumahan yang selama ini diberi nama jenis buah-buahan, nama jenis ikan, tanaman dan lainnya agar diganti dengan nama tokoh dan pejuang Indramayu. Hal itu dikandung maksud sebagai apresiasi dari masyarakat dan pemerintah kepada pejuang dan tokoh tersebut. (undang/MH/deni)

No comments

Powered by Blogger.