Header Ads

postimage

Di Balongan Indramayu Warga Pasang Penahan Ombak Sendiri



Indramayu - Sebagian warga Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, secara swadaya membangun penahan ombak untuk menahan laju abrasi yang kian mengancam.

Mereka bahu-membahu memasang puluhan lempeng beton penahan ombak, di Pantai Balongan Indah, di dekat permukiman mereka. Pantai Balongan Indah adalah salah satu lokasi wisata pantai di Indramayu.

Pada awal pekan ini, misalnya secara bergotong-royong belasan warga memasang beton penahan ombak dengan menggunakan alat seadanya yakni batang kayu dan tambang besar.

Puluhan lempeng beton, masing-masing berukuran sekitar 1 meter x 1,5 meter mereka pasang memanjang di pantai.

“Beton-beton ini kami minta dari Pertamina. Mudah-mudahan saja dapat menahan abrasi,” ujar Sofyan, warga Balongan, saat bersama warga desa lainnya bahu-membahu memasang penahan ombak tersebut.

Sekitar 50 meter ke arah tengah laut dari penahan ombak yang dipasang warga, sebenarnya telah dipasangi beton-beton pemecah gelombang. Namun air laut terus meninggi dan pantai terus tergerus.

Abrasi bertahun-tahun ini memang terus menerjang pantai di Indramayu. Menurut catatan Kompas, separuh dari 114 kilometer panjang pantai Indramayu telah tergerus.

Pengamatan menunjukkan, salah satu kawasan pesisir yang telah lama digerus abrasi adalah Kecamatan Balongan dan Kecamatan Juntinyuat. Dua lokasi wisata pantai di kawasan itu yakni Pantai Tirta Ayu dan Pantai Tirtamaya, telah lama habis terkikis.

Di Indramayu bagian barat, abrasi pun telah lama mengikis Pantai Eretan yang terletak berdampingan dengan jalur pantura (pantai utara). Bibir pantai kini berjarak hanya sekitar 50 meter dari jalan negara itu. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.