Header Ads

postimage

Sungai Bugel Indramayu Harus Dinormalisasi



Indramayu - Kuwu (kepala desa) Bugel, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, Abdul Gani berharap agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Indramayu melakukan normalisasi Sungai Bugel yang melintasi wilayah kerjanya.

Sungai Bugel saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan, bila tidak diadakan normalisasi, banjir besar yang terjadi di wilayah desanya pada Selasa (18/1) bisa terulang lagi di masa mendatang.

"Sungai Bugel perlu dinormalisasi, supaya air tidak meluap ke rumah warga yang berada tidak jauh dari aliran sungai tersebut. Banjir terbesar yang terjadi kemarin, membuktikan kalau ada pendangkalan dan penyempitan sungai. Pasalnya setelah enam tahun lalu, tidak pernah terjadi banjir parah seperti ini," kata Abdul Gani saat ditemui di rumahnya, Kamis (20/1).

Gani menambahkan, selama ini kalau pun terjadi banjir tidak tinggi dan rumah warga yang letaknya 200 meter dari jalan Pantura tidak pernah kena banjir.

"Tapi kemarin, banjir sampai jalan Pantura. Rumah saya saja kebanjiran 10 cm, padahal rumah saya sudah tinggi. Untuk itu, minimalnya ada pengerukan endapan di sungai Bugel. Kalau bisa peninggian dan pengokohan tanggul sungai," harapnya. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.