Header Ads

postimage

Kantor Kemenag Indramayu Bangun Gedung PIH



Indramayu - Kabupaten Indramayu akan memiliki gedung Pusat Informasi Haji (PIH) termegah di Jawa Barat.Gedung itu berlokasi di Jalan Golf, Indramayu.

Pembangunan gedung PIH diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp7 miliar. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu Sulaeman Hasan menjelaskan, keberadaan gedung PIH nantinya diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada calon jamaah haji.Apalagi, jamaah haji Kabupaten Indramayu selalumembeludaksetiaptahunnya.

Sebagai dana awal, telah terkumpul Rp75,5 juta dari sumbangan karyawan Kantor Kementerian Agama Indramayu. Dia juga berharap sumbangan dari para dermawan. “Kami membuka pintu bagi siapa pun untuk menyumbang dana pembangunan gedung PIH,” ujar Sulaeman kemarin. Pemkab Indramayu akan memberikan bantuan senilai Rp1 miliar untuk mendukung percepatan pembangunan gedung PIH.Menurut dia, selama ini Pusat Informasi Haji Kementerian Agama satu atap denganKantorKementerian Agama Kabupaten Indramayu.

Pembangunan gedung ini dilakukan mulai awal Oktober dan direncanakan beroperasi pada 2011 mendatang. Soal jumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Indramayu pada 2010 ini, Sulaeman menyebutkan sebanyak 1.644 jamaah haji siap diberangkatkan. Mereka terbagi menjadi empat kloter yaitu kloter 52 (424 jamaah), kloter 61 (424 jamaah), kloter 69 (424 jamaah),dan kloter 83 (370 jamaah).

Jumlah jamaah haji yang berangkat tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu.Pada 2009, sebanyak 1.628 jamaah haji dari Kabupaten Indramayu tergabung dalam empat kloter. Kepala Seksi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu Furqon menambahkan, para calon jamaah haji supaya bisa menjaga kesehatan sejak masih berada di Tanah Air ataupun sesampainya di Mekkah.

Selain itu, jamaah haji juga diminta tidak membawa barang-barang yang dilarang pemerintah Arab Saudi, dengan tetap mengedepankan disiplin dan menanamkan budaya orang Indonesia.“Kami minta kepada calhaj tetap menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ke tanah suci.Harapannya agar mereka dapat khusyuk dalam menjalankan ibadah,”ujarnya. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.