Mimi Rasinah Dikebumikan di Pekandangan



Indramayu - Maestro tari Topeng Mimi Rasinah kini telah dikebumikan di tempat pemakaman umum (TPU) Desa Pekandangan, Kec./Kab. Indramayu, Minggu (8/7) sekira pukul 9.00 WIB. Sebelumnya, Mimi Rasinah sempat mendapat perawatan di RSUD Indramayu. Namun karena kondisinya sehingga ia meningal dunia di UGD rumah sakit setempat. Ratusan iring-iringan pelayat mengantarkan kepergian sang maestro yang namanya telah mendunia karena tari topengnya.

Prosesi pemakaman maestro tari topeng Indramayu berlangsung secara sederhana. Warga yang turut mengantar jasad sang maestro topeng gaya Indramayu sampai diperistirahatannya yang terakhir. Namun hanya sejumlah seniman dan pejabat setempat yang hadir untuk mengikuti prosesi pemakaman.

Mimi Rasinah, wafat dalam usia 80 tahun. Semasa hidupnya, ia mampu mempertahankan ragam kesenian tradisional khususnya tari topeng gaya Indramayu. Sebelum meninggal dunia Mimi Rasinah sempat manggung untuk terakhir kalinya di Bentara Budaya Jakarta dengan membawakan tari Panji Rogoh Sukma. Meski kondisi sakit, ia masih mampu membawakannya kendati harus dipapah oleh cucu dan muridnya. (sumber)
Powered by Blogger.