Header Ads

postimage

Pencari Kerang Balik Kampung ke Indramayu



Indramayu - Puluhan nelayan pencari kerang asal Indramayu yang mencari kerang di perairan Jakarta dan Bekasi balik kampung. Pasalnya, hasil pencarian di tempat tersebut sudah menipis.

Aktifitas para nelayan pencari kerang mulai timbul setelah berada di kampungnya. Mereka yang memiliki keahlian menyelam mencari kerang di dasar laut langsung melakukan kegiatannya seperti di Perairan Laut Eretan. Di luar dugaan hasilnya cukup menggembirakan. Dalam satu hari para pencari kerang ini mendapatkan dua kali lipat jika dibandingkan di jakarta atau Bekasi yakni 2 - 4 kwintal.

Menurut Jayadi (43) salah satu nelayan pencari kerang, kerang hasil tangkapan nelayan dijual ke tengkulak dengan harga Rp 1.000 per Kg. Dan tengkulak memasarkan kembali kerang seukuran ibu jari kaki itu ke Jakarta dan pasar-pasar tradisional di Indramayu.

Berpindahnya nelayan pencari kerang dari Jakarta dan Bekasi ke Indramayu disebabkan karena hasil pendapatannya mencari kerang menurun drastis dalam 3 pekan terakhir ini. Sehingga nelayan tidak mampu bertahan hidup karena biaya hidup di Jakarta yang cukup tinggi. Dan memutuskan balik ke kampung.

"Dalam satu hari kami bisa mendapatkan uang sebesar Rp 150 ribu. Pendapatan itu sudah bersih Jika dibandingkan di Jakarta atau di Bekasi dalam tiga minggu ini belum tentu hasilnya sebanyak itu," jelas Jayadi. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.