Headlines News :
Home » , » Indramayu Raih Adipura Ke Empat

Indramayu Raih Adipura Ke Empat

Written By Indramayu Post on Senin, Juni 7 | Senin, Juni 07, 2010



Indramayu - Kabupaten Indramayu untuk keempat kalinya meraih anugrah Adipura sebagai penghargaan tertinggi dalam kebersihan lingkungan. Penyerahan anugrah Adipura rencananya diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono Selasa (8/6) kepada Bupati Indramayu DR. H. Irianto MS. Syafiuddin di Istana Negara.

Anugrah Adipura sejak tahun 2005 secara berturut-turut terus singgah didaerah ini, dimulai meraih piagam penghargaan Best Effort (2005) kemudian sejak tahun 2006-2009 Adipura seolah tiada henti untuk singgah di Indramayu. Pada tahun ini juga, selain penghargaan Adipura Kabupaten Indramayu meraih Adiwiyata Madya yang diraih SMKN 1 Indramayu dan Adiwiyata Mandiri oleh SMKN 1 Losarang.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu Ir. Aep Surahman mengungkapkan, diraihnya Adipura kali ini setelah dilakukan penilaian oleh tim dari Kementrian Lingkungan Hidup beberapa bulan lalu. Penilaian meliputi pemilihan sampah wajib, pengolahan sampah wajib dilingkungan perumahan, perkantoran, sekolah, pasar, dan juga tempat pengolahan sampah akhir (TPA). Sementara komponen penilaian lain meliputi sanitasi limbah domestik, keberadaan dan proses Ipal Komunal dan MCK, persentase KK yang memiliki MCK, keberadaan dan fungsi IPLT, serta pengelolaan limbah sentra industri di perkotaan. Secara umum penilaian Adipura meliputi dua komponen yaitu fisik dan non fisik. Adanya korelasi yang kuat antara kedua komponen tersebut menunjukan bahwa fasilitas fisik yang baik selalu ditunjang oleh institusi, manajemen, dan daya tanggap pengelolaan lingkungan hidup yang baik

Aep Surahman menambahkan, program Adipura bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat untuk mewujudkan kota bersih dan teduh (clean and green city) dengan menerapkan prinsip-prinsip good governance (transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas) dalam pengelolaan lingkungan hidup ( good environmental governance).

Bupati Indramayu DR. H. Irianto MS. Syafiuddin pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat dan komponen pendukung lainnya yang secara aktif telah menciptakan suasana yang bersih dan teduh di Kabupaten Indramayu. Program Adipura ini sebagai upaya untuk mengubah perilaku masyarakat, sehingga untuk mewujudkan kota bersih dan teduh bukan hanya dalam menghadapi penilaian Adipura, tapi menjadi bagian dari perilaku dan budaya masyarakat di Kabupaten Indramayu. Selain penghargaan Adipura, Kabupaten Indramayu juga berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri untuk SMKN 1 Losarang dan Adiwiyata Madya untuk SMKN 1 Indramayu. (dens)

Share this post :
 
Support : RAJATOWER.NET
Copyright © 2011. Indramayu Post . Com | Media Online Indramayu - All Rights Reserved

Proudly powered by RAJATOWER.NET