Header Ads

postimage

Hj. Anna Sophana Ajak Berantas Buta Huruf



Indramayu - Ketua TP PKK Kabupaten Indramayu Hj Anna Sophana membuka pelaksanaan kegiatan Kejar Paket A Keaksaraan Fungsional (KF) binaan 4 Tim Penggerak Kecamatan diwilayah pantura diantaranya Sukra, Patrol, Kandanghaur dan Losarang. Pembukaan dilaksanakan secara kolektif, Jumat (12/2) bertempat di RM Anugerah Desa Sumuradem Kecamatan Sukra.

Dalam sambutannya, Hj Anna Sophana menyatakan, pelaksanaan kegiatan Kejar Paket AKF merupakan salah satu upaya dalam rangka mendukung percepatan penuntasan buta huruf serta meningkatkan IPM melalui alur pendidikan non formal dan guna pemerataan pendidikan diberbagai lapisan masyarakat. Sehingga pelaksanaan program Pemerintah bagi penyandang buta huruf usia 15-55 tahun ini harus didukung semua pihak. Sebab, Pemerintah telah mengeluarkan dana tidak sedikit untuk menggulirkan program kejar paket AKF ini.


"Pemkab Indramayu menginginkan agar semua masyarakat yang mengalami kendala untuk belajar dipendidikan formal, tetap bisa mengikuti pendidikan melalui jalur informal. Paling tidak, dapat membaca, menulis dan berhitung. Supaya tidak bodoh dan dibodohi. Sehingga kegiatan pemberantasan buta huruf ini harus kita dukung oleh kita semua supaya berjalan dengan baik dan sukses," ujar Anna Sophana.

Apalagi, tambah Anna, mewujudkan masyarakat yang cerdas menjadi salah satu program Pemkab Indramayu selama kepemimpinan Bupati H Irianto MS Syafiuddin (Yance) dalam mengimplementasikan visi Indramayu Remaja. Sementara itu, Hj Nani Ratnaningsih Mansyur dalam laporannya menjelaskan, warga belajar kejar paket AKF adalah masyarakat penyandang buta huruf usai 15 sampai 55 tahun yang masuk dalam pendataan dan tergabung dalam kelompok belajar. Mereka akan mengikuti kegiatan belajar dan mengajar selama 32 hari mulai Februari-Maret.

Dimana dalam 1 minggu, kegiatan KBM dilaksanakan selama 4 kali dengan waktu dan hari ditentukan berdasarkan kesepakatan masing-masing kelompok.. "Metode pembelajaran yang dilaksanakan adalah Andragogi atau pembelajaran bagi orang dewasa dengan materi berdasarkan apa yang dilihat, didengar dan dirasakan, dibantu beberapa modul penunjang dan
ATK untuk kegiatan warga belajar," terang Nani Ratnaningsih.

Hadir dalam kesempatan itu, Istri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu Hj Nani Indriani Supendi, Camat Sukra Mulya Sedjati SE beserta unsur Muspika, Ketua TP PKK Kecamatan Sukra Wardah Sedjati, pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa, para Kuwu, tokoh masyarakat, para tutor serta warga belajar AKF dari masing-masing Kecamatan.

Usai acara pembukaan, Hj Anna Sophana didampingi Hj Nani Indriyani Supendi, Camat Mulya Sedjati dan para Ketua TP PKK Kecamatan, menyerahkan secara simbolis perlengkapan belajar bagi peserta kejar paket AKF dimasing-masing Kecamatan. Dalam kesempatan yang sama, juga diserahkan bantuan kepada anak yatim, jompo serta balita dari keluarga miskin. (dens/humasindramayu)

No comments

Powered by Blogger.