Header Ads

postimage

Harga Beras Di Indramayu Terus Merangkak Naik



Indramayu - Harga beras di Indramayu terus merangkak naik sejak pertengahan Desember 2009 lalu. Kini, harga beras kualitas sedang di tingkat pabrik beras dijual Rp 5.200 per kilogram, sedangkan beras kualitas premium harganya sudah mencapai Rp 6.000 per kg.

Di tingkat pengecer, di pasar dan warung, harga beras kualitas sedang mencapai Rp 5.500-Rp 5.600, kualitas bagus berkisar Rp 6.000 per kg, sedangkan yang kualitas premium harga di pasar mencapai 6.500 per kg. "Rata-rata harga beras di pasar selisihnya Rp 500 dari harga di pabrik beras," ujar Hj Alimatus Sadiyah (39) pedagang di pasar beras di Widasari, Kabupaten Indramayu, Minggu (10/1/2010).

Hampir dua pekan ini, harga beras dari pabrik beras naik Rp 300 per kg dibandingkan harga sebelumnya. Jika dibandingkan dengan harga normalnya, kenaikan mencapai Rp 500 per kg. Menurut Sadiyah, harga beras tahun ini, pada periode yang sama, lebih mahal dibandingkan tahun 2009. Ketika itu, harga beras premium yang tertinggi hanya Rp 5.800 per kg.

Hal serupa diakui Jono (44), bagian pemasaran dari PB Fajar Niaga, bahwa harga beras saat ini melonjak karena pasokan gabah kering dari petani sedikit. Harganya juga mahal, sehingga harga jual beras juga ikutan naik. Kenaikan harga beras dikeluhkan Hj Pitri, pedagang makanan di sekitar Pasar Jatibarang. Biasanya, dia membeli beras satu kantong plastik isi 25 kg hanya Rp 160.000, kini harganya menjadi Rp 175.000.

Meskipun harga beras naik, dia tidak bisa langsung menaikkan harga satu porsi makanan. "Saya hanya mengurangi porsinya saja, kalau harganya dinaikkan susah," kata Pitri, yang mengaku kebingungan dengan kenaikan harga beras.

No comments

Powered by Blogger.