Penjualan Ikan Asin Menjelang lebaran Meningkat

Indramayu - Penjualanan ikan asin di Indramayu,Jawa Barat, mengalami peningkatan menjelang Lebaran 1430 H.

"Ikan asin dari kabupaten Indramayu tampak digemari oleh pemudik dari Jakarta, selain harganya ekonomis ikan asin tersebut merupakan oleh-oleh khas 'kota mangga," kata produsen ikan asin Darsa di Indramayu, Rabu.Dikatakannya, harga ikan asin mulai naik semenjak awal bulan puasa, sekarang pertengahan puasa harga tersebut naik lagi seperti jenis jambal roti Rp50.000/kilogram hingga Rp60.000/kilogram, nasik dari harga sebelumnya Rp45.000/kilogram.

Kesempatan harga bagus tersebut harus dimanfaatkan karena datangnya hanya satu kali dalam setahun.Mengenai produksi ikan asin lancar karena musim kemarau, namun harga bahan baku terus meningkat karena pasokan dari nelayan mulai berkurang.

"Kurangnya pasokan ikan dari nelayan karena mereka sudah banyak yang tidak berangkat melaut sehingga ikan rebutan dengan pedagang lain. Kekurangan ikan bisa mengganggu produksi ikan asin,"katanya.

Sementara itu seorang pemudik asal Tegal Nasrikin mengaku, setiap lewat dijalur pantura pasti beli ikan asin di Indramayu,namun kali ini harganya tambah mahal dibading mudik tahun 2008.Ia menambahkan, kebiasaaan membeli ikan asin di Indramayu karena di kampung asalnya susah mencari ikan asin yang enak.

Selain buat dikonsumsi sendiri juga dibagikan ke saudara dan tetangga sebagai oleh-oleh, katanya. "Saudara dan tetangga senang sekali kalau diberi oleh-oleh ikan asin karena merupakan makanan yang disukai masyarakat pegunungan yang disajikan dengan sambal ,lalap seperi di tempat saya di Tegal,"katanya.

Sementara itu kios musiman sepanjang jalur pantai utara sudah mulai bermunculan, mereka menjual minuman dan makanan ciri khas "kota mangga" seperti kerupuk udang,mangga,termasuk ikan asin.

"Saya berjualan kalau menjelang mudik di jalan pantura, sekalian lihat orang karena ramai juga bisa mendapatkan uang dari hasil dagang. Barang yang saya jual oleh-oleh Indramayu,seperti kerupuk udang,ikan asin jambal roti,"kata Suharyono pedagan musiman di jalan celeng Indramayu.

Ia mengatakan untuk ikan asin jambal roti peminatnya ada terus namun harga naik mendekati Lebaran sering naik ,mungkin permintaan pasar meningkat dibandingkan hari biasa."Mudah-mudahan mudik tahun 2009 bisa ramai,namun setiap tahun jumlah pemudik selalu meningkat terutama pengguna sepeda motor,kalau mudik ramai dagangan saya bisa lumayan, tambahnya.(E S/Antara)
Powered by Blogger.