Dishub Indramayu Sediakan Layanan pemudik Motor

Indramayu - Dinas Perhubungan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat menyediakan layanan khusus bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Di jalur pantura akan disediakan layanan khusus pemudik sepeda motor yaitu dengan cara memberi bantuan terhadap mereka yang mengalami gangguan pada kendaraan," kata kepala Dinas Perhubungan Drs Umar Budi Karyadi Indramayu kepada wartawan di Indramayu,Rabu.

Ia mengatakan, pengguna sepeda motor seandainya mengalami gangguan kempes ban, kendaraan tersebut tidak bisa digunakan, karena sarat dengan muatan yang berat sehingga akan mempersulit perjalanan juga mengganggu pemakai jalan lain.

"Bagi yang mengalami kempes ban pihak Dishub akan memberikan kemudahan dengan cara motor tersebut diangkut menggunakan mobil bak terbuka sudah disediakan mereka akan diantarkan ke tempat tambal ban,"katanya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut sudah dilakukan pada tahun 2008, tanggapan dari masyarakat positif karena dapat meringankan pemudik yang terkena kempes ban selain itu perjalan pemudik lain tidak terhambat.

"Melihat kegiatan tersebut bermanfaat bagi pemudik, maka tahun 2009 akan dilakukan kembali berdasarkan pengalaman tahun 2008 banyak pemudik yang mengalami kempes ban sedangkan jarak tambal ban di jalur pantai utara Indramayu jauh," katanya.Sementara itu kesiapan Dishub untuk melayani pemudik sudah maksimal pada tahun 2009 jumlah personil yang akan di terjunkan 162 orang mereka ditempatkan di posko mudik juga dititik-titik pasar tumpah.

"Setiap tahun kami harus mengamankan pasar tumpah yang berada sepanjang jalur pemudik mulai dari Eretan, Patrol, Jatibarang, Karang Ampel semua pasar tumpah tersebut akan ditertibkan sehingga tidak mengganggu pemudik," katanya,Menurut dia,semua pasar tumpah mengganggu terhadap pemakai jalan, baik motor juga mobil.

"Dishub akan melakukan tindakan tegas pada H-10,semua jalur harus bersih dari pasar tumpah".Ia mengatakan, Dishub juga menyarankan bagi pemudik khususnya pengguna sepeda motor untuk mempersiapkan kendaraan sehingga siap untuk melaksanakan mudik dan tiba ditempat tujuan dengan aman.Selain itu, ia mengimbau pemudik agar hati-hati melintasi jalur pantai utara Indramayu karena merupakan jalur cepat, dimana sering terjadi kecelakaan lalu lintas.(E S/Antara)
Powered by Blogger.