Header Ads

postimage

Pemudik Bermotor Mulai Banyak Terlihat Di Pantura Indramayu

Indramayu - Kendaraan yang melintasi jalur pantai utara (Pantura) Indramayu, Jawa Barat, mulai meningkat dibandingkan hari sebelumnya, seperti rombongan pemudik dengan sepeda motor terlihat di siang hari.

"Saat ini mulai ada peningkatan kendaraan yang masuk ke Indramayu terutama sepeda motor,memang tahun 2008 pada H-9 sudah ada peningkatan kendaraan roda dua yang masuk ke Indramayu," kata Kepala Dishub Indramayu Drs Umar Budi Karyadi kepada wartawan, di Indramayu, Sabtu (12/9).

Seorang warga Indramayu yang berjualan dijalur mudik, Wartoyo juga membenarkan bahwa peningkatan arus lalu lintas mulai terlihat sejak sepekan terakhir ini,namun hanya pada siang hari.

Menurut Umar, para pemudik yang tidak mau terjebak kemacetan biasanya berangkat lebih awal untuk mudik dan itu terjadi pada tahun 2009 pola mudik mungkin tidak akan jauh beda," katanya. "Hal itu, terlihat dari pelat nomor sepeda motor dari luar kota Indramayu,seperti berasal dari Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Bekasi, juga ada yang dari luar Jawa," ujarnya.

Ia menambahkan, kepadatan akan meningkat bila anak libur sekolah mulai besok (Minggu) kendaraan yang melintas ke jalur pantura dipastiakan padat karena banyak yang dari Jakarta hanya mengantarkan anak mereka untuk mudik lebih dulu, sedangkan orangtuanya berangkat lagi.

Seorang pemudik tampak beristirahat di sebuah warung makan. "Saya sengaja mudik lebih awal biar terhindar macet,selain itu kalau sekarang masih tenang suasananya, meskipun mulai ada peningkatan penggunasepeda motor namun tidak seperti H-4,H-3 bahkan H-1 pasti akan lebih padat," kata Endang pemudik asal Purwokerto.

Endang mengatakan, ia menggunakan sepeda motor karena menghemat pengeluaran perjalanan mudik. Kalau naik bus umum biaya lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda motor. "Selain itu sepeda motor tersebut bisa dipergunakan untuk keperluan di kampung," ungkapnya.

"Mudik dengan kendaraan roda dua harus ekstra hati-hati. Kalau sering disusul oleh mobil yang ngebut, ini berbahaya. Kalau kita tidak waspada terus, jangan melaju terlalu cepat. Suka ada yang menyeberang mendadak," katanya. Di jalur pantai utara Indramayu sering terjadi kecelakan lalu lintas, sehingga dia tidak berani ngebut lewat jalur ini.

"Selama di perjalanan belum terlihat lalu lintas macet. Mungkin karena jalan di Indramayu sudah lebar. Selain itu masih belum banyak yang mudik, hanya udara di jalan terasa lebih panas bila dibandingkan mudik tahun 2008, sehingga badan cepat lelah," katanya.

No comments

Powered by Blogger.