Header Ads

postimage

Jelang Lebaran Harga Kakap Merah Naik Di Indramayu

Indramayu - Harga ikan kakap merah di pasar ikan Indramayu, Jawa Barat, Minggu, mengalami kenaikan cukup tinggi hingga mencapai Rp36.000/kilogram dibanding harga pekan sebelumnya (6/9) yang hanya Rp27.000.

"Harga ikan kakap merah pekan sebelumnya antara Rp27.000- hingga Rp30.000/kilogram, sekarang naik menjadi Rp36.000. Kenaikan itu karena stok produksi ikan kakap merah ada penurunan," kata pedagang ikan di Indramayu Astni.

Ia mengatakan,kenaikan harga ikan kakap merah sering terjadi,namun harga bisa turun kembali apabila pasokan ikan banyak. "Ikan kakap merah paling laku di pasaran, karena rasa ikannya enak juga gurih, selain itu pengolahannya juga mudah," katanya.

Astini mengaku, ikan kakap merah selain untuk memenuhi pasar di Indramayu, juga dipasok ke Jakarta, Bandung.

Jenis ikan kakap ada dua jenis ,yaitu kakap merah dan kakap putih, sedang haga kakap putih saat ini lebih murah, yakni Rp20.000/kilogram, katanya.

"Kenaiakan harga ikan kakap merah akan terus terjadi karena kalau sudah H-4 hingga H-1 pasokan ikan tersebut menurun, sedangkan permintaan pasar meningkat. Seperti Lebaran 2008, harga kakap merah bisa mencapai Rp40.000 hingga Rp50.000/kilogram," katanya.

"Harga ikan tersebut bisa normal kembali di H+10 lebaran, karena saat itu nelayan sudah kembali melaut sehingga pasokan ikan cukup terpenuhi, begitu juga harga ikan yang lainnya akan kembali stabil," katanya.

Ia menambahkan, pasokan ikan kakap merah juga jenis ikan lain masih mengandalkan dari TPI Karangsong, namun ada juga dari TPI Blanakan, Glayem, Ciasem.

"Pasokan ikan di Indramayu masih mengandalkan dari TPI Karangsong, sehinga kalau terjadi kenaikan harga di Karangsong, maka di sini pasti mahal,"katanya.

Sementara itu, kegiatan pendaratan ikan di TPI Karangsong Idramayu mulai menurun karena nelayan sudah ada yang berhenti melaut, produksi ikan saat normal bisa mencapai 1.019.154 kilogram/bulan.

"Saat ini di TPI Karangsong Indramayu terjadi kekurangan pasokan akibat sebagian nelayan sudah berhenti melaut,karena mereka akan berlebaran bersama keluarganya," kata Rusmadi pengelola TPI Karangsong.

No comments

Powered by Blogger.