Pantai Desa Lombang Indramayu Terancam Tenggelam

Indramayu - Pantai desa Lombang di Kecamatan Juntiyuat, yang berjarak sekitar 17 kilometer dari ibu kota Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terancam tenggelam akibat penggalian pasir di bibir pantai tersebut.

Luas bibir pantai yang digali sekitar tujuh hektare dengan kedalaman penggalian empat meter. Kegiatan tersebut berlangsung sejak 13 Juli lalu dengan menggunakan satu unit alat berat dan empat unit mobil truk.

"Saya merasa prihatin atas penggalian pasir di bibir pantai yang terjadi di Desa Lombang, Kecamatan Juntiyaut, karena akan mengakibatkan abrasi secara besar-besaran," kata Kepala Pelabuhan Indramayu Sukirman di Indramayu, Selasa (11/8).

Ia mengaku tidak bisa berbuat banyak sebagai kepala pelabuhan karena tida memiliki wewenang. Namun ia menyesalkan kejadian itu karena bila tidak ada upaya serta tindakan dari pihak terkait, aktivitas itu akan ditiru desa lain untuk menggali bibir pantai.

Sementara itu, pemilik lahan di Desa Lombang, Sardina, berkilah bahwa ia menggali lahan tersebut dengan tujuan untuk membuat kolam pemancingan. Di samping itu sebagai sarana wisata pantai di Desa Lombang, karena tempat ini sangat berpotensi dikembangkan sebagai
wisata air.
Powered by Blogger.