DKK Renovasi Sanggar Tari di Indramayu

Indramayu - Dana Kemanusiaan Kompas saat ini mulai merenovasi sanggar tari Mulya Bhakti milik penari Wangi Indria di Desa Tambi, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Renovasi yang menggunakan dana sumbangan pembaca Kompas itu merupakan salah satu bentuk kepedulian Dana Kemanusiaan Kompas terhadap eksistensi seni dan budaya di pantura, terutama Indramayu.

Ketua Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) M Nasir, Senin (10/8), mengatakan, pertimbangan DKK merenovasi sanggar tari di Indramayu antara lain agar kesenian di daerah ini tetap berkembang, setidaknya seperti seni dan budaya di Yogyakarta, Bali, atau Solo. Selama ini, katanya, meskipun kaya akan budaya dan seni, kesenian di kota-kota kecil seperti di Indramayu belum mendapat perhatian lebih.

Trisna, Kepala Kantor Kebudayaan dan Pariwisata, mengatakan, sejak tahun 1992 hingga 2006, kondisi sanggar tari Mulya Bhakti sangat sederhana. Hanya ada panggung kecil di salah satu pojok yang digunakan untuk anak-anak berlatih. Panggung tersebut roboh pada 2007 dan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu kemudian dibangunkan panggung senilai Rp 150 juta.

Kini, DKK merenovasi dan memperluas sanggar tersebut. Diperkirakan, pembangunan sanggar yang memakan dana Rp 600 juta itu selesai pada November. (Kompas)

Powered by Blogger.