Pemugaran makam Aria Wiralodra disambut positif




INDRAMAYU -Rencana pemugaran kompleks situs/makam leluhur Raden Bagus Aria Wiralodra di Sindang maupun keturunannya di empat lokasi terpisah dalam waktu dekat ini, disambut positif berbagai kalangan. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di Kecamatan Sindang yang tak jauh dari lokasi makam leluhur Kota Mangga tersebut.

“Alhamdulillah, ternyata harapan masyarakat Indramayu, terutama di Kecamatan Sindang untuk pemugaran makam leluhur bisa terpenuhi. Kami sudah lama berharap, dan di bawah kepemimpinan Bupati Yance inilah akhirnya keinginan masyarakat bisa terlaksana,” ujar Gufroni, mantan anggota DPRD Indramayu yang tinggal di Sindang, kemarin (6/7).

Lelaki yang akrab disapa Roni ini menuturkan, keberadaan makam Raden Bagus Aria Wiralodra di Sindang dan keturunannya yang tersebar di empat lokasi (Krapyak, Dalem, Sekober dan Pecuk) berada dalam kondisi rusak dan memprihatinkan.


Bahkan ada makam keturunan pendiri Indramayu yang rata dengan tanah serta tidak nampak seperti kuburan. Padahal di dalamnya ada tokoh yang pernah berjasa besar terhadap daerah.

Dibentuknya kepanitian pemugaran yang dipimpin langsung Kajari H Udjijono SH MH bersama puluhan pejabat dan tokoh masyarakat, Roni optimis proyek dengan dana swadaya sekitar Rp878.501.000 tersebut akan sukses.

Roni menuturkan, dirinya sudah bertemu dengan panitia pemugaran, yakni H Tulus Susilo SH MH (ketua 1) dan H Suyanto ST (seksi pelaksanaan pemugaran) untuk menyampaikan respons positif dan dukungan masyarakat. “Jika diperlukan tenaganya, banyak masyarakat yang siap suka rela untuk bergotong-royong.

Karena kami menginginkan makam para leluhur dalam kondisi baik, terawat dan bisa nyaman dikunjungi untuk ziarah,” harapnya.(Rad)

Powered by Blogger.