Polisi bagikan 300 Helm gratis di Jatibarang




INDRAMAYU - Sedikitnya 300 helm standar dan ribuan leaflet dibagikan cuma-cuma kepada pengendara sepeda motor oleh jajaran Satlantas Polres Indramayu di pertigaan jalur pantura Jatibarang, Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu, Senin (25/5) pagi. Pembagian helm standar dan ribuan kertas selebaran berisi imbauan tersebut dilakukan dalam rangka Operasi Simpatik Lodaya 2009.

Kapolres Indramayu, AKBP Drs. H. Mashudi didampingi Kasat Lantas, AKP Drs Dodi Arahmansyah menjelaskan, secara umum sebagian besar pengguna jalan cukup mematuhi peraturan lalu lintas dan menggunakan helm standar.

"Tingkat kesadaran pemakai jalan sudah bagus. Persentase yang masih melanggar aturan cukup minim. Meksi begitu, kami akan terus menyosialisasikan penggunaan helm standar kepada pengendara sepeda motor," katanya.

Ia menambahkan, pengguna jalan juga diharapkan mampu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Kesadaran pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas akan sangat penting dan menjadikan masyarakat Indramayu bertindak dewasa dalam berlalu lintas.

Menurutnya sebagai salah satu bukti, masyarakat Indramayu memiliki kesadaran dan toleransi terhadap pengguna jalan lainnya untuk tidak melakukan aksi kebut-kebutan di jalan raya.

"Sosialisasi helm standar tersebut akan dilakukan di sejumlah lokasi strategis lainnya di jalur utama pantura dengan melibatkan petugas Satlantas Polres Indramayu. Di samping pembagian helm standar, kami juga memberikan sosialisasi mengenai tata tertib berlalu lintas," ujarnya.

Ditambahkan, tujuan penggunaan helm standar tersebut mengurangi risiko cedera jika mengalami kecelakaan lalu lintas. Selain itu, pengendara jalan yang telah mendapatkan helm gratis dan pengetahuan tentang tertib berlalu lintas, dapat memberikan informasi tertib berlalu lintas kepada anggota keluarga lainnya yang masih belum mengetahui tentang pentingnya hal tersebut.

Powered by Blogger.