Beras Cianjur Kiriman dari Indramayu




INDRAMAYU - Cianjur punya nama, Indramayu punya beras. Banyak orang menyebut Cianjur itu sebagai Kota beras. Tapi sedikit yang tahu kalau beras di Cianjur yang rasanya pulen itu dipasok dari Indramayu. Baik dipasok pemerintah dari gudang Sub Divre Dolog Indramayu maupun swasta (tengkulak).

Setiap tahun ujar Kepala Subdivre Dolog Indramayu, H. Surasno saat ditemui disela-sela HUT ke 42 Dolog di kantornya. Beras dari gudang Sub Divre Dolog Indramayu itu dikirim ke gudang Subdivre Dolog Cianjur. Bahkan beras dari Indramayu tak hanya dikirim ke Cianjur, tapi juga dipasik ke gudang Subduvre Dolog Bandung.

Menurut Surasno, tahun 2007 jumlah beras hasil pengadaan pangan Sub Divre Dolog Indramayu yang dikirim ke gudang Sub Divre Dolog Cianjur 28 juta Kg atau setara 28.000 ton. Tahun 2008 jumlahnya menngkat 43.900.000 Kg atau 43.900 ton. Dan tahun 2009 beras Indramayu yang dikirim ke Cianjur sudah mencapai 15.500.000 Kg atau 15.500 ton.

Pengiriman beras Indramayu ke Cianjur sebanyak itu tentunya yang hanya melalui gudang Sub Divre Dolog Indramayu. Sedangkan pengiriman beras melalui perdagangan swasta yang dilakukan para tengkulak Indramayu ke Cianjur jumlahnya belum terdata secara jelas. Yang jelas, hampir setiap hari beras Indramayu diangkut truk fuso dan tronton menuju Cianjur.
Powered by Blogger.