Petani Patrol Terima Bantuan Bibit Padi

PATROL – Camat Patrol Drs H Djohar Maknun, Rabu (15/4) menyerahkan bantuan sebanyak 13 ton bibit padi Ciherang dan 450 kg bibit padi Hibrida, kepada 23 gabungan kelompok tani (Gapoktan) se-Kecamatan Patrol.

Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) untuk program Sekolah Lapangangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPPT) dari pemerintah pusat tersebut, diserahkan secara simbolis kepada Ketua KTNA Kecamatan Patrol Sukandi SH, bertempat di aula kantor BPP Kecamatan Patrol.
Ikut menyaksikan, Kepala UPTD Pertanian dan Peternakan Ahmad Mujahidin, Kepala BPP Siswadi STKp, para PPL, penyuluh pertanian serta perwakilan Gapoktan.
Camat Djohar Maknun mengatakan, setelah disibukkan dengan aktivitas pemilu, saat ini sudah waktunya para petani kembali turun ke sawah. “Manfaatkan bantuan ini dengan sebaik mungkin supaya produksi padi lebih meningkat. Tapi jangan lupa perhatikan kualitasnya juga,” sarannya.
Sementara itu, Kepala BPP Siswadi STKp menjelaskan, bantuan benih padi tersebut guna menunjang Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2PBN) untuk wilayah Kecamatan Patrol. Rinciannya, untuk 500 Ha sawah non hibrida dan 45 Ha sawah hibrida. Selain bantuan benih padi, BLM juga menyalurkan bantuan berupa Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) serta normalisasi jaringan irigasi tingkatkan usaha tani (Jitut).
Ketua KTNA Sukandi SH menegaskan, bantuan pertanian yang diberikan secara gratis kepada para petani itu, akan dipergunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan para mereka.
“Bantuan ini akan disalurkan langsung kepada petani agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Bibit ini tidak akan dijadikan beras apalagi sampai dijual,” terangnya sembari berharap bantuan dari pemerintah tidak hanya selesai di sini, namun terus berlanjut dengan memberikan bantuan lainnya, seperti pupuk, obat-obatan dan memperbaiki sejumlah irigasi yang rusak. (kho)
Powered by Blogger.