Dapil I Partai Golkar Diprediksi 4 Kursi

Sisanya Diraih PDIP, Hanura, PKS, Demokrat dan Gerindra
INDRAMAYU
- Data resmi hasil perolehan suara Pemilu Legistlatif 2009 di Daerah Pemilihan (Dapil) I Kabupaten Indramayu masih belum masuk semua ke KPUD dari 7 PPK yang ada. Karena hingga Rabu kamarin (15/4), masih ada beberapa PPK, termasuk di Kecamatan Indramayu yang masih melaksanakan perhitungan maupun rapat pleno untuk menetapkan perolehan suara.
Namun informasi yang berhasil diterima koran ini dari berbagai sumber yang melakukan perhitungan cepat untuk DPRD Kabupaten, Partai Golkar diprediksi akan meraih 4 kursi dari 9 kursi yang diperebutkan di Dapil 1. Sedangkan sisa lima kursi lainnya diprediksi akan diraih oleh lima parpol, masing-masing PDIP, Hanura, PKS, Demokrat dan Gerindra.
Dapil I yang terdiri dari 7 kecamatan, masing-masing Indramayu, Balongan, Sindang, Pasekan, Lohbener, Cantigi dan Arahan, suara sah yang masuk sekitar 148.705 suara. Dari jumlah suara sah yang masuk itu, Partai Golkar berhasil meraih 56.907 suara, PDIP 20.452 suara, Hanura 12.722 suara, PKS 11.529 suara, Demokrat 9.204 suara, Gerindra 7.499 suara, PKB 6.943 suara dan PAN 2.683 suara.
“Kalau suara sah di Dapil I untuk DPRD Kabupaten itu sebanyak 148.705, maka BPP untuk satu kursinya adalah 16.523 suara. Sehingga dari perolehan suara dari masing-masing parpol itu, Golkar akan meraih 4 kursi sedangkan 5 sisanya akan diraih PDIP, Hanura, PKS, Demokrat dan Gerindra masing-masing 1 kursi. Meskipun hasil suara ini tidak resmi, namun Insya Allah tidak akan jauh berbeda dengan perhitungan akhir PPK di Dapil I maupun yang ditetapkan KPUD nanti,” ujar Hasyim Abdurahman, salah satu tim sukses caleg Golkar di Dapil I.
Dikatakan Hasyim, pihaknya melakukan perhitungan cepat dari berbagai sumber, terutama data TPS/PPS yang masuk ke PPK di Dapil I. Sedangkan caleg yang akan duduk di DPRD Kabupaten dari 6 parpol yang meraih kursi dari 9 kursi yang diperebutkan, masih dikuasai incumbent. Untuk 4 kursi yang akan diperoleh Partai Golkar di dapil 1 diprediksi diraih H Uryanto Hadi SH SE, Taufik Hidayat dan Hj Kholidah Dwiningrum, ketiganya incumbent. Sedangkan satu kursi lagi diisi muka baru, yakni Syaefudin yang perolehan suaranya masuk 4 besar.
Sementara untuk PDIP yang diprediksi meraih kursi adalah Kuswanto. Hanura diraih caleg muda Ali Wardana, sedangkan PKS diduduki H Suwarto yang meraih suara tertinggi diantara caleg PKS lainnya. Untuk Partai Demokrat di Dapil 1 diprediksi akan diisi Ir Aris Solihin. Sementara untuk partai Gerindra kemungkinan diraih mantan kuwu dan pengusaha kerupuk Blok Dukuh, Desa Kenanga, yakni H Hasan Basari yang memperoleh suara tertinggi diantara caleg internalnya.
“Dari hasil perhitungan yang kami lakukan, maka banyak caleg muka baru dari dapil I yang akan mewarnai gedung wakil rakyat di Indramayu,” tegas Hasyim.
Belum selesainya perhitungan suara masing-masing PPK di Dapil I dibenarkan oleh Camat Indramayu Drs H Moch Mudor MSi. Menurutnya di Kecamatan Indramayu sendiri, PPK-nya masih melakukan perhitungan dan pleno pada Rabu malam di sekretariat-nya. “PPK Kecamatan Indramayu pada Rabu malam masih melakukan perhitungan akhir dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Mudah-mudahan Kamis ini perhitungan di PPK sudah selesai sehingga bisa diketahui perolehan finalnya,” jelas Camat Mudor. (mak)
Powered by Blogger.