Gara-gara Hujan Lokasi TPS Dipindahkan

INDRAMAYU,Ratusan aparat kepolisian dibantu anggota TNI akan dikerahkan untuk melakukan pengawalan kotak suara dan kartu suara yang akan digunakan pada Pemilu Legislatif 2009 yang akan berlangsung Kamis (9/4) ini.
Berdasarkan pantauan “MD”, pendistribusian kotak dan kertas suara sudah dilaksanakan sejak Pukul 11.00 WIB hingga 15.00 WIB. Pengawalan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya sabotase kelompok tertentu yang menginginkan pelaksanaan pemilu tidak kondusif dan gagal.
Sementara itu, gelar siaga pengamanan langsung (pamsung) TPS yang menempatkan 2 anggota pamsung, Polri dan TNI dilaksanakan di masing-masing kecamatan di wilayah Kab. Indramayu.
Dalam perkembangan yang sama, hujan deras yang sempat mengguyur kota Indramayu sejak Pukul 14.00 WIB memaksa sejumlah TPS dialihkan ke lokasi yang lebih aman. “Habis kalau tidak dipindahkan, lokasi TPS kebanjiran dan sangat tidak nyaman karena berlumpur akibat rendaman banjir,” tutur Suhaedi, petugas TPS 5 RW 03 Desa Sindang Kec. Sindang, Rabu (8/4).
Hujan yang turun cukup deras sejak Rabu (8/4) sore kemarin memang mebuat panitia sedikit kalang kabut. Para petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) bekerja keras termasuk memindahkan secara dadakan lokasi TPS ke lokasi yang lebih aman.
Seperti yang terjadi di TPS 4 dan 5 Desa Sindang Kec. Sindang Indramayu, genangan air memaksa TPS dipindahkan ke lokasi baru dengan memanfaatkan jalan aspal.
Ketua TPS 5, Drs. Bani, mengatakan, meski secara umum seluruh persiapan mulai dari kotak suara, kartu suara serta bendel berita acara sudah lengkap, namun dampak hujan yang terjadi sehari menjelang pencontrengan menyebabkan panitia terpaksa harus bekerja keras menyelematkan perlengkapan pemilu ke lokasi yang lebih aman. “Panitia bekerja keras, meski hujan turun cukup deras. Ini merupakan wujud antusias masyarakat dalam menyambut pesta demokrasi lima tahunan,” tandas dia.
Kondisi yang sama juga dialami di sejumlah TPS di Desa Panyindangan Kulon, Rambatan Wetan Kec. Sindang, Desa Linggajati dan Desa Cidempet Kec. Arahan, serta sejumlah TPS di beberapa kelurahan di Kec. Indramayu.

TPS 23
Bupati Indramayu, H. Irianto MS Syafiuddin (Yance) dijadwalkan akan memilih di TPS 23 yang beralamat di Jalan Rangdugede Kelurahan Margadadi Kec. Indramayu, pada pemungutan suara tanggal 9 April ini.
Menurut pengurus RT/RW setempat, Dra. Nurhayati Masayu, Bupati Yance dan keluarganya terdaftar sebagai pemilih di lingkungan Rangdugede tersebut dari total pemilih sekira 230 pemilih di RT 2/RW 3. “Saat ini, lokasi TPS tempat Bupati Yance dan keluarga akan mencontreng di lapangan basket Rangdugede kelurahan Margadadi,” ujarnya, Rabu (8/4).
Pantauan “MD” di lokasi tersebut, saat ini sudah dipasang tenda dan kursi. Semuanya untuk persiapan kelancaran Pemilu 2009 ini. Termasuk di beberapa tempat lainya, lokasi tempat pemungutan suara sudah banyak yang sudah disaipkan oleh panitia masing-masing desa.
Ketua KPU Indramayu, Khotibul Umam, S.Ag., mengatakan, saat ini untuk pemilih tetap di KPU Indramayu tercatat sebanyak 644.890 pria dan 651.457 pemilih wanita. Jadi jumlah untuk Pemilu 2009 nanti sebanyak 1.296.347. “Adapun TPS di berbagai wilayah Kab. Indramayu ini sebanyak 3.236 TPS,” ujar Khotib.(C-28/C-29)

Powered by Blogger.