Dijaga Ketat hingga TPS

Logistik Pemilu Didistribusikan ke Berbagai Pelosok
Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Senin (6/4) mulai menyalurkan logistik Pemilu 2009 ke jajaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) di bawah mereka. Pelaksanaan distribusi, dikawal ketat oleh petugas baik dari jajaran Polri, TNI maupun Satpol PP. Langkah itu dipilih demi menjaga keamanan logistik Pemilu dari ancaman sabotase, pencurian, serta upaya manipulasi.

SEMUA jenis logistik mulai dari bilik suara, kotak suara, surat suara, daftar pemilih tetap (DPT), tinta hingga alat-alat tulis langsung kirim kemasing-masing desa. “Untuk Kecamatan Anjatan semuanya sebanyak 640 kotak suara bagi 170 TPS di 13 PPS yang ada,” jelas Ketua PPK Anjatan Gufron SAg di sela-sela pengawalan logistik di gudang PPK.
Dia menyampaikan, setelah diterima PPS, maka logistik itu disimpan dengan pengawalan ketat pihak keamanan. Untuk selanjutnya, pada hari H pemungutan suara disalurkan ke masing-masing TPS. “Setelah pemungutan suara, maka semua logistik harus dikembalikan ke PPK. Minimal satu kotak suara berisi berita acara terlebih dahulu,” ujarnya.
Sementara itu, Kapolsek Anjatan AKP Noneng Sukarna SH menegaskan, langkah pendistribusian logistik pemilu akan dikawal dan dijaga ketat seluruh personel keamanan. Termasuk saat penyimpanan kotak suara di setiap PPS sampai pasca pemungutan suara.
“Pembagian jumlah personil keamanan variatif bergantung pada tingkat kerawanannya. Ada yang satu atau dua petugas di masing-masing desa,” katanya.
Bahkan kata dia, untuk pengamanan menjelang hari H pemungutan suara, personel kepolisian akan ditambah dari Polres Indramayu.
Sementara itu, PPK Karangampel telah menyelesaikan pengiriman logistik ke panitia pemungutan suara (PPS) di masing-masing desa. Logistik yang dikirimkan berupa surat suara, kotak suara, bilik, tinta, pulpen alat pencoblosan dan yang lainnya atau sudah lengkap. Pendistribusian ini dikawal ketat oleh anggota kepolisian, TNI, dan petugas satpol PP.
Ketua PPK Karangampel, Abdul Gani, berpesan kepada PPS agar melakukan koordinasi dengan pemerintahan desa masing-masing dalam rangka pengamanan logistik tersebut. Ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada unsur muspika yang telah membantu pengamanan dalam penditribusian.
Dikatakannya, pemilu di Kecamatan Karangampel akan dilaksanakan di 155 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar di 11 desa. Ia mengaku optimis pelaksanaan pemilu di Karangampel akan dilaksanakan tepat waktu sesuai dengan rencana, karena semuanya sudah siap baik dari sisi logistik maupun personal penyelenggara.
“Kami hanya menghimbau kepada seluruh unsur penyelenggara untuk bekerja maksimal demi suksesnya pelaksanaan pemilu,” tandasnya.
Sementara Kapolsek Karangampel, AKP H Abdullah Zahri mengatakan, pihaknya juga siap untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu. Ia juga berharap kepada seluruh unsur pengamanan agar bekerja maksimal mengawal pelaksanaan pemilu, mulai dari pengamanan logistik hingga saat pelaksanaan dan pasca pelaksanaan pemilu.
Polsek Karangampel juga akan menggelar apel bersama PAM TPS sebanyak 320 personel ditambah dengan linmas, Rabu (8/4). Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai persiapan melakukan pengamanan di TPS. Zahri menambahkan, dalam pengamanan nanti pihaknya juga menyiapkan personelnya, dimana satu orang anggota polri membawahi empat TPS. (oet/kho)
Powered by Blogger.