SMP Negeri 2 Langganan Banjir

KANDANGHAUR – Saat musim penghujan kemarin, sudah tiga kali gedung SMP Negeri 2 Kandanghaur terendam banjir. Penyebabnya, lantaran lokasinya berdekatan serta sejajar dengan areal pesawahan dan sungai irigasi.

Intensitas hujan tinggi membuat sungai meluap, dan air sawah menggelontor masuk ke areal sekolah tanpa bisa dibendung. Pasalnya, bangunan seluas 6.000 meter persegi itu baru sebagiannya dibentengi tembok yang bisa menahan laju luapan air.
Tidak adanya pagar, juga membuat sekolah yang terletak di tepi jalan raya Kemped Desa Wirakanan itu rawan kemalingan. Pernah terjadi aksi pencurian yang menyebabkan salah seorang staf guru setempat kehilangan sepeda motornya.
Keluhan itu dilontarkan Kepala SMPN 2 Kandanghaur Dra Sudarwati ketika menerima kunjungan Camat Kandanghaur Aris Tarmidi SH Msi beserta Kuwu Desa Wirakanan H Dawa Saputra dan unsur muspika, kemarin (24/3).
Sudarwati meminta Camat Aris agar mengupayakan pembangunan pagar sekolah kepada Pemkab Indramayu. “Kalau tidak dipagar, setiap musim hujan banjir akan terus-terusan merendam sekolah kami. Selain dipagar, tanah sekolah juga perlu ditinggikan,” ujarnya.
Sementara Camat Aris mengakui bahwa persoalan yang dihadapi SMPN 2 Kandanghaur perlu dicarikan solusinya. Selain meminta bantuan pemerintah, perlu juga kepedulian dari masyarakat. “Program pendidikan harus berjalan dengan baik. Setiap masalah mari kita pecahkan bersama,” tandasnya. (kho)
Powered by Blogger.