BUMD Belum Berikan Kontribusi

INDRAMAYU – Keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebenarnya diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah. Namun fakta di lapangan masih ada BUMD yang belum memberikan kontribusi apa-apa. Bahkan justru masih menjadi beban bagi Pemerintah Kabupaten Indramayu. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Dra Hj Sri Indrawatie saat membacakan sambutan Bupati Indramayu pada acara pengambilan sumpah dan pelantikan Badan Pengawas PD Apotik Dharma Ayu periode 2008 – 2011, PD BPR/PK dan Direktur PD BPR Kabupaten Indramayu, belum lama ini.
Menurut Srie, untuk menghindari hal semacam itu maka BUMD di Indramayu harus memenuhi standar pengelolaan agar mencapai hasil maksimal. Selain itu BUMD harus bisa dikelola oleh pribadi-pribadi yang memiliki sikap yang kompetitif agar bisa bersaing dengan perusahaan lainnya, dan janganlah ada anggapan bahwa BUMD adalah milik pribadi. “Saya tegaskan bahwa BUMD bukan milik pribadi, namun harus dikelola oleh pribadi-pribadi yang memiliki sikap kompetitif,” katanya.
Ditambahkannya, hal yang juga sangat penting dalam pengelolaan BUMD adalah adanya tujuan jangka panjang yang harus dimiliki para pengelolanya. Sekda mengharapkan agar para pejabat yang baru saja dilantik untuk tetap memiliki komitmen dengan pemerintah dan masyarakat agar terus dipercaya.
Budaya kerja yang tinggi diharapkan dimiliki oleh semua pengelola BUMD, kemudian nilai dari perusahaan tersebut juga harus dapat ditingkatkan untuk dapat meningkatkan daya saing melalui berbagai program dan inovasi. Serta yang tidak boleh dilupakan adalah peran kemitraan dari BUMD tersebut agar lebih memiliki jaringan dengan pihak lain. (oet)
Powered by Blogger.