13 KPPS Desa Sumtim Dilantik

SUKRA - Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2009 tinggal menghitung hari. Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sumuradem Timur (Sumtim) Kecamatan Sukra selaku penyelenggara pemilu tingkat desa telah mempersiapkan diri menyongsong pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Diantaranya dengan melantik sebanyak 13 Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS), Selasa (17/3) di aula kantor desa setempat. Pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Ketua PPS Desa Sumtim, H Warnita Asim AMa.
Setelah dilantik, ke-13 Ketua KPPS beserta anggotanya yang berjumlah 91 orang, langsung mengikuti acara bimbingan teknis (bintek) mengenai Pemilu 2009. Perlunya dilakukan bintek, karena pada Pemilu 9 April nanti ada sedikit perbedaaan dari pemilu sebelumnya. Salah satunya dalam pemberian suara oleh pemilih tidak dilakukan dengan pencoblosan tetapi dengan memberi tanda pada surat suara. Hal itu sesuai UU No 10 tahun 2008 tentang Pemilihan Anggota DPR, DPD, dan DPRD pada Pemilu 2009.
Bintek disampaikan berantai oleh Ketua PPK Kecamatan Sukra Ubed Iskandar, Ketua Panwascam Sukra H Sudarsono, Kuwu Sumtim Tarsudin, serta dua anggota PPS Sumtim H Abdul Qodir dan Mukibah. Ketua PPS H Warnita Asim AMa menegaskan, tugas KPPS pada penyelenggaraan Pemilu 2009 akan semakin berat.
Bertambahnya jumlah partai serta dipisahkannya empat lembaga perwakilan, membuat mereka harus bekerja lebih keras. Belum lagi jumlah pemilih di Desa Sumtim tergolong besar, yakni sebanyak 6.136 orang. Terdiri dari 2.948 pemilih laki-laki dan 3.188 pemilih perempuan.
Oleh karena itu, Warnita berharap semua petugas KPPS dan Linmas dapat mengetahui dan memahami tugas serta fungsinya melalui kegiatan bintek yang diselipkan usai acara pelantikan. (kho)
Powered by Blogger.