Cek Senilai Rp3 M ”Jatuh” di Jalan

Penemunya Dijanjikan Rp250 Juta, Ternyata Hanya Penipuan
INDRAMAYU
- Modus penipuan baru muncul lagi, dan agak lain dari yang sudah-sudah. Pelaku sengaja meninggalkan amplop berisi cek senilai Rp3,25 miliar, alamat pemilik cek dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Adalah Azazi (32), warga Perum Pabean Kencana, RT 3/9, Pabean Udik, yang pernah menemukan amplop berisi cek dengan nilai fantastis itu.
Dikisahkan Azazi, ketika dirinya hendak pulang dari tempat bekerjanya di Jl Raya Singaraja, dia melihat amplop bersampul coklat dan bertuliskan dokumen penting, terbungkus rapih tergeletak di jalan. Azazi penasaran, lalu menghubungi nomor yang tertera di sana. Orang yang ia hubungi adalah Sugiono SE selaku Dirut PT Surya Niaga Sentosa Surabaya. Nama itu (Sugiono, red) tertera di atas cek.
“Setelah lama berbicara, dia menjanjikan aku uang senilai Rp250 juta sebagai imbalan. Saya diminta merawat cek itu dengan baik dan jangan diberitahukan siapapun. Tapi yang aneh, pelaku menanyakan apakah saya mempunyai ATM serta berapa uangnya. Dari situ saya sadar, ini pasti modus penipuan. Saya pun menutup telepon dan orang itu tidak pernah menghubungi saya,” tandasnya.
Masih menurut Azazu, selain cek, di dalam amplop tersebut terdapat sejumlah lembaran yang sekilas seperti asli namun palsu yakni NPWP, SIUP perusahaan dan tanda jual beli tanah.
“Ini memang menggiurkan bagi masyarakat yang tidak tahu-menahu akan modus seperti itu. Kepada siapa pun jika ditelepon dengan mengiming-imingi hadiah tetapi harus melakukan transfer terlebih dahulu lebih baik jangan dilakukan, itu penipuan,” harapnya. (alw)
Powered by Blogger.