Yance Optimis Indramayu Segera Produksi Motor

Dari Kunjungan Muspida di Kecamatan Sukra
Tidak ada yang setengah-setengah dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Demikian disampaikan Bupati Indramayu H Irianto MS Syafiuddin (Yance) saat melakukan kunjungan bersama jajaran muspida di Kecamatan Sukra, kemarin.

LAPORAN: KHOLIL IBRAHIM DARI SUKRA
SETIAP
program dan kebijakan yang digelontorkan Pemkab Indramayu, memiliki visi jauh ke depan guna pengentasan kebodohan dan kemiskinan rakyat di Bumi Wiralodra. Bupati Yance berpandangan, paling tidak, tiga tahun ke depan bakal tercipta produk teknologi di bidang otomotif dan elektronik dari tangan-tangan terampil putra daerah.
Mereka (putra daerah, red) akan mampu memproduksi sepeda motor, traktor, komputer, sampai mobil buatan sendiri. “Apakah semua ini menghayal? Bukan!,” tegas Yance. Kunjungan Yance untuk bertemu dengan pegawai dan komponen masyarakat tersebut bertempat di RM Dian Sari, Desa Sumuradem Timur, Kecamatan Sukra.
Arah ke sana, papar Yance, sudah dirintis sejak setahun lalu ditandai dengan mengirimkan seratus pelajar Indramayu yang kuliah sekaligus magang di Jepang melalui kerjasama dengan Ikopin Bandung. Para pelajar itu, dibiaya oleh Pemkab Indramayu dengan dana miliaran rupiah untuk meningkatkan kemampuannya dalam menguasi bidang teknologi di negara-negara maju seperti Jepang.
Di negeri Sakura itu, mereka ditempatkan di pabrik-pabrik besar yang bergerak dibidang otomotif serta elektronik. “Saatnya pulang, mereka sudah menjadi sarjana lulusan Jepang yang diburu oleh negara manapun. Kita manfaatkan itu. Ilmu yang mereka dapat langsung diaplikasikan untuk ikut membangun Indramayu. Pemkab tinggal mendirikan pabrik atas nama BUMD untuk mewadahi sumber daya dan potensi yang telah mereka miliki,” katanya.
Bukan itu saja, melalui Politeknik Indramayu (Polindra) yang merekrut puluhan mahasiswa untuk mendalami berbagai disiplin ilmu bidang otomotif, komputer dan elektronik, maka sumber daya manusia yang dimiliki semakin banyak. Gagasan peningkatan SDM putra daerah itu, kata Yance, merupakan langkah strategis guna mewujudkan visi Indramayu religius, maju, mandiri dan sejahtera (Remaja). “Jadi jangan heran jika nanti akan ada motor merk Remaja, AC merk Remaja, bahkan mobil merk Remaja,” sebutnya penuh optimis.
Dalam kesempatan itu, Bupati Yance yang datang bersama Sekda Dra Hj Srie Indrawati MM, Ketua TP PKK Hj Anna Sophana Irianto dan sejumlah kepala SKPD Tingkat Kabupaten Indramayu menegaskan, arah program dan kebijakan selama memimpin Indramayu semata-mata untuk kemaslahatan masyarakat. Untuk itu, Ketua DPD Partai Golkar ini mengajak agar masyarakat Indramayu berpikir rasional dalam memilih pemimpin masa depan.
“Dua tahun lagi, mau tidak mau masa jabatan saya sebagai bupati Indramayu akan segera habis sesuai Undang-Undang. Masyarakat harus cerdas agar tidak terjerumus dalam jurang kesengsaraan. Kalaulah sekarang ini sudah dirasakan hasil pembangunan yang kita capai, maka kita semua harus sepakat dan berjihad bersama guna melanjutkan visi Indramayu Remaja ke depan,” tandasnya. (*)
Powered by Blogger.