Rehab Rumah Gakin 2008 Rampung

JATIBARANG—Realisasi Program Pengembangan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) di Desa Pilangsari Kecamatan Jatibarang sudah rampung dilaksanakan pemdes setempat. Program itu menggunakan dana yang dialokasikan dari APBD Kabupaten Indramayu tahun 2008.

Menurut Kuwu Pilangsari Kaswan Wasa, rangkaian program yang telah selesai dilaksanakan merupakan program pembangunan sarana dan prasarana rumah sederhana sehat dan jalan lingkungan.
“Akselerasi pembangunan pedesaan harus terlaksana secara tertib sesuai kebutuhan, tepat sasaran, taat peraturan dan perundang-undangan. Hasil pelaksanaannya dapat dipertanggungjawabkan dengan memperhatikan azaz keadilan, kepatutan dan bermanfaat bagi warga,” papar Kaswan didampingi Sekertaris Dedy Abdurrahman kepada Radar, Selasa (6/1).
Menurutnya, besaran nominal dana yang diterima dari APBD Kabupaten Indramayu 2008 senilai Rp75 juta, terbagi untuk program pemugaran rumah keluarga miskin sebanyak lima rumah dengan anggaran Rp25 juta. Dan dalam realisasinya, berhasil memugar enam rumah, satu di antaranya menggunakan dana imbal swadaya.
Sedangkan dana APBD yang berjumlah Rp50 juta, tambah Kaswan, dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur jalan setapak/lingkungan sekitar jarak 500 meter. Dan untuk jalan setapak sepanjang 150 meter dibangun dengan menggunakan dana swadaya. “Pembangunan jalan menggunakan sistem pengecoran,” terangnya.
Rumah-rumah warga yang mendapat bantuan program tersebut yakni rumah milik Carti, Sutinih, Cartinah warga Blok Tengah RT 04/01, Dirjan warga Blok Cilengkong RT 08/02, Rasmidi warga Blok Kempluk RT 11/03 dan Rubiyah warga Blok Como RT 15/04. (tar)
Powered by Blogger.