Pecatur Wanita Muda Dominasi Porcam Patrol

PATROL–Layak jika Kabupaten Indramayu disebut sebagai gudangnya bibit-bibit pecatur handal. Dalam even Pekan Olahraga Kecamatan (Porcam) Patrol saja, bermunculan pecatur-pecatur muda potensial dan bahkan mendominasi kejuaran di cabang olah raga olah bidak itu.

Meski umur peserta dibatasi sampai 23 tahun, dari sebanyak 16 atlit catur perwakilan masing desa-desa, sebagian besar rata-rata berusia 15 tahun ke bawah. Bahkan 3 pecatur kelompok wanita, masih duduk di bangku SD yang berumur antara 10 sampai 12 tahun.
Seksi Cabor Catur Hadi kepada Radar mengatakan, potensi atlit catur di wilayah Kecamatan Patrol sangat luar biasa. Meski keahlian yang didapat melalui otodidak (alami), namun jika benar-benar diasah melalui pelatihan yang profesional, akan menjadi pecatur masa depan yang bisa mengharumkan nama daerah di tingkat nasional maupun internasional.
“Sebab, olahraga catur ini tidak membutuhkan dana yang besar. Bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Asal punya semangat, senang dan berlatih setiap hari, maka kemampuanya secara otomatis akan terus meningkat,” jelasnya kepada Radar, Selasa (6/1) di sela-sela pertandingan.
Melalui kejuaran catur tingkat kecamatan, kata dia, setidaknya bisa dilihat kualitas dan kuantitas bibit-bibit muda itu. “Pembinaannya perlu ditindaklanjuti. Setelah porcam ini pengurus maupun pembina olahraga harus melangkah selanjutnya untuk mengakomodasi bakat para pecatur muda supaya menjadi aset daerah di masa depan,” harapnya. (kho)
Powered by Blogger.