Latihan Bela Negara di Markas Arhanudse

KROYA–Menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan membangkitkan sikap patriotisme di kalangan pelajar sungguh tidak mudah. Perlu pembinaan dan berbagai upaya yang kreatif agar siswa tertanam rasa cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara. Terobosan yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Losarang sepertinya patut ditiru. Mereka melaksanakan latihan kepemimpinan dan bela negara secara terpadu, baik teori maupun praktik di lapangan.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 48 siswa dari perwakilan jurusan, ekstra kurikuler dan pengurus OSIS, mengikuti latihan di markas Yon Arhanudse 14 Kroya. Mereka dibekali materi kegiatan ala militer, yang dipimpin langsung oleh wakil komandan latihan Yon Arhanudse 14 Kroya, Lettu Alexander. Diantaranya tentang teori kepemimpinan, PBB, tata tertib dan disiplin siswa, out bound bahkan sampai dasar-dasar kemampuan tempur.
Kepala SMKN 1 Losarang Drs Ece Rahmat Rustanda kepada Radar menjelaskan, markas Yon Arhanudse 14 Kroya, dinilai sangat tepat untuk mengasah kemampuan siswa, serta membentuk kepribadian yang tangguh. “Sikap tentara merupakan contoh nyata aplikasi cinta terhadap tanah air dan jiwa patriotisme,” ujar Ece, Selasa (30/12) usai kegiatan.
Tujuan dari kegiatan kepemimpinan dan bela negara ini, terang Ece, adalah membina para siswa dalam penguasaan dan meningkatkan pengetahuan dalam wawasan nusantara. Selain itu mendorong siswa untuk meningkatkan prestasi di berbagai bidang, menyediakan wadah pembinaan kegiatan kepempimpinan dan bela negara, serta membekali siswa dengan keterampilan sosial. “Melalui kegiatan semacam ini, juga diharapkan dapat membekali siswa dalam mengembangkan kepribadian, keterampilan serta bertanggung jawab,” tegasnya.
Sedangkan sasaran dari kegiatan tersebut, lanjut Ece, akan terbentuk klub kepemimpinan dan bela negara di masing-masing kegiatan ekstra kurikuler di sekolah. Baik untuk kelompok Pramuka, PMR maupun Paskibra. (kho)
Powered by Blogger.