Kursi DPRD di Dapil 2 Paling Panas

KARANGAMPEL–Calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD Indramayu di daerah pemilihan 2 (Karangampel, Juntinyuat, Krangkeng, dan Kedokanbunder) sepertinya harus bersaing ketat untuk memperebutkan kursi dalam Pemilu 2009 mendatang. Di dapil ini ada 9 kursi yang diperebutkan, atau naik 2 kursi dibandingkan pemilu sebelumnya (2004) yang hanya 7 kursi.

Dalam Pemilu 2004, kursi di dapil 2 berhasil diraih Partai Golkar (2), PKB (2), PDIP (2), dan PPP (1), Pada pemilu 2009 mendatang, persaingan dipastikan akan berlangsung sangat ketat. Bukan hanya persaingan antar partai. Namun juga persaingan antar caleg dalam satu partai, terutama partai yang menerapkan suara terbanyak.
Partai Golkar misalnya, menempatkan Hj Anna Sophana di nomor urut 1. Kemudian di nomor 2 dan 3 ada dua nama yang sudah tidak asing lagi yaitu Drs HA Rozaq Muslim dan Jhon Badrudin, yang saat ini masih duduk sebagai anggota DPRD Indramayu.
Berikutnya ada juga Eni Sukaeni (nomor 4), tokoh wanita asal Kedokanbunder (sebuah kecamatan yang saat ini tidak memiliki wakil rakyat di DPRD). Partai Golkar juga menempatkan tokoh muda di dapil ini, Ibnu Rismansyah (nomor 5), yang tentunya memiliki banyak dukungan dari kaum muda. Disamping itu masih ada beberapa caleg lainnya seperti Asniyah Darpadi (9), yang tidak lain adalah istri Camat Krangkeng Dedi Darpadi, dan beberapa nama lainnya.
Dapil 2 juga dikenal sebagai basis hijau karena memiliki “massa hijau” yang cukup fanatik mendukung PKB maupun PPP. Kehadiran PKNU sebagai pendatang baru juga layak ditunggu, apakah mampu menggoyahkan suara partai lain di wilayah ini atau tidak.
PKB di dapil ini memasang Abdul Munir Ammari di nomor urut 1 dan Dadang Syuhada MSi (2), serta empat calon lainnya. Nama yang disebut pertama dikenal memiliki banyak dukungan massa fanatik. Sedangkan Dadang Syuhada MSi berangkat dari dunia pendidikan, ingin mengikuti jejak mantan Wakil Bupati H Dedi Wahidi SPd.
Kemudian PPP memasang H Isa Anshori di nomor urut 1. Ia adalah pengusaha yang cukup sukses di Karangampel, dan sudah banyak menanam kebaikan terhadap masyarakat sekitar. Di nomor 2 PPP memasang tokoh muda H Fathoni MPdI. PPP tentunya tidak ingin menanggung malu dan berharap bisa meraih kursi dari dapil ini seperti pemilu sebelumnya.
Sedangkan PDIP menempatkan nama baru di nomor urut pertama, yaitu Hermana. Sementara di nomor urut 2 masih bercokol Ruwadi Budiman yang saat ini masih duduk sebagai anggota dewan, dan nomor 3 diisi kader perempuan Ir Witati, serta masih ada enam nama lainnya. Partai berlambang banteng ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata karena memiliki masa pendukung kuat di wilayah timur Indramayu ini.
Di dapil ini, Partai Demokrat juga menempatkan nama Drs H Abdullah Thohir di urutan pertama. Ia adalah mantan anggota DPRD Indramayu dari PNU. Selain itu juga layak untuk ditunggu bagaimana gebrakan PKS, dan sejumlah partai baru seperti Hanura, Gerindra, maupun yang lainnya. (oet)
Powered by Blogger.