BMKG Kertajati : Waspadai Angin Kencang di Ciayumajakuning


Indramayu - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya peningkatan kecepatan angin, angin kencang, di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan).

Fenomena angin kencang di Ciayumajakunging, terjadi dalam tiga hari terakhir. Menurut BMKG, hal itu terjadi oleh adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah Selatan dan Utara Ekuator Indonesia.

Perbedaan tekanan udara tersebut berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di Jawa Barat bagian Utara termasuk wilayah Ciayumajakuning.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati arah angin umumnya dari Timur dengan kecepatan maksimum mencapai 21 Knot atau 39 km/Jam.

Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Ahmad Faa Izyn, mengatakan peningkatan kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning diprakirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 30 knot atau 56 km/jam dan masih akan berlangsung hingga Kamis, 23 September 2021 hari ini.

Untuk itu Faiz mengimbau agar masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap dampak yang bisa ditimbulkan seperti debu, pohon tumbang, baliho roboh, potensi kebakaran lahan/hutan.

Baca Juga: Sudah Jatuh Alex Noerdin Tertimpa Tangga, Kembali Jadi Tersangka, Kali ini Terkait Dana Masjid Raya Sriwijaya

"Dampak lain, gelombang laut cukup tinggi di perairan Cirebon-Indramayu. Nelayan juga harus berhati-hati," tukas Faiz.

Pada bagian lain Faiz meminta masyarakat agar terus memantau kondisi cuaca, termasuk fenomena angin kencang melalui kanal resmi BMKG. Untuk BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati di WA 0853-1957-2030 atau media sosial IG,FB,Twitter : bmkg_kertajati.***


NASI JINGGO LENYOOK
Penulis : Hendra Sumiarsa
Sumber : CirebonRayaCom
Powered by Blogger.